Kompas.com - 26/12/2019, 11:00 WIB
Ilustrasi membuat resolusi tahun baru. ShutterstockIlustrasi membuat resolusi tahun baru.

KOMPAS.com - Tidak ingin mengulang kegagalan tahun lalu? Yuk mulai melakukan perubahan. Dimulai dengan mengevaluasi resolusi di awal tahun.

Resolusi tahun baru adalah hal yang umum dilakukan orang dan biasanya akan dengan cepat dilupakan di bulan Februari. Berikut adalah beberapa resolusi yang tak pernah terlaksana.

1. “Saya akan menurunkan berat badan tahun ini”
Menurunkan berat badan adalah salah satu resolusi paling umum yang dibuat orang dan juga salah satu yang paling sering gagal.

"Ketika Anda membuat tujuan umum seperti itu, Anda akan hancur sebelum dimulai," kata Stephanie Lincoln, penasihat kesehatan mental yang mengkhususkan diri dalam psikologi makan.

Buatlah resolusi yang lebih cerdas seperti: “Saya akan mencatat makanan saya setiap hari, bertujuan untuk mengurangi cukup kalori hingga kehilangan dua pon per minggu sampai saya mencapai target saya sebesar 3,5 kilogram.”

Atau, lewati target angka timbangan dan katakan, “Saya akan beralih dari 35 persen lemak tubuh menjadi 20 persen lemak tubuh.”

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Terapi Akupunktur untuk Menurunkan Berat Badan, Bisakah?

2. "Aku akan mendapat promosi besar!"
Ini adalah resolusi yang tidak sepenuhnya berada di bawah kendali Anda -karena atasan Anda memiliki hak suara dalam hal ini – hal ini menjadi sulit untuk dicapai.

Direktur Eksekutif untuk Robert Half Finance & Accounting, Steve Saah, menyarankan agar kita berkonsultasilah dengan bos tentang apa yang perlu dilakukan.

Kemudian buat daftar item tindakan yang dapat dicapai secara pribadi tahun ini. Rangkinglah berdasarkan urutan prioritas dan identifikasi langkah-langkah spesifik yang diperlukan untuk mencapainya. Memecahnya seperti ini akan membuatnya lebih dapat dicapai.

Resolusi yang lebih cerdas: “Saya akan menyelesaikan item X dalam daftar saya dengan ulasan tengah tahun saya.”

IlustrasiShutterstock Ilustrasi

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X