Mari Kenali dan Cegah "Bullying" Sebelum Menyesal...

Kompas.com - 21/01/2020, 12:42 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Kasus kematian SN (14), siswi salah satu SMP di Jakarta Timur yang melompat dari lantai IV gedung sekolahnya menjadi perbincangan publik dalam beberapa hari terakhir.

Meski penyebab kejadian itu masih dalam penyelidikan, namun salah satu hal yang hangat disoroti di jejaring media sosial adalah dugaan SN sebagai korban bullying ( perundungan).

Terlepas dari motif dalam kasus ini, akan selalu disayangkan kerapnya permasalahan bullying di lingkungan sekolah, yang terjadi dari waktu ke waktu.

Meski begitu, ada upaya yang sesungguhnya bisa membantu agar praktik semacam itu bisa terhenti, dan tak berakhir dengan penyesalan.

Apa itu bullying?

Mungkin banyak orang yang pernah mengalami kejadian "disindir" oleh teman-teman ketika duduk di bangku sekolah, bahkan berlanjut hingga sampai usia dewasa.

Memang, -mungkin pula,praktik itu dilakukan dengan intensi bercanda, atau hanya 1-2 kali, sehingga tidak menimbulkan efek negatif tertentu pada orang yang disindir.

Baca juga: Mengenal Bullying yang Diduga Menjadi Penyebab Siswi di Jaktim Loncat dari Lantai 4 Sekolahan

Lantas, seperti apa tindakan yang masuk kategori bullying?

Definisi bullying, seperti tercantum dalam situs Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations/UN), adalah perilaku disengaja dan agresif yang terjadi berulang terhadap korban.

Selanjutnya, ada ketidakseimbangan kekuatan yang nyata atau yang dirasakan, serta korban merasa rentan dan tidak berdaya untuk membela diri.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X