Tradisi Valentine Unik di Berbagai Negara

Kompas.com - 14/02/2020, 13:56 WIB
Ilsutrasi Makan malam romantis Valentine. Dok. ShutterstockIlsutrasi Makan malam romantis Valentine.

KOMPAS.com - Hari Valentine identik dengan memberi bunga dan cokelat kepada pasangan. Namun, beberapa negara memiliki tradisi yang unik dan berbeda dari perayaan hari kasih sayang pada umumnya.

Jepang
Jika biasanya lelaki akan memberi kado berupa cokelat atau bunga kepada pasangan wanitanya, namun di Jepang justru sebaliknya. Pihak wanita lah yang akan memberi kado.

Ada berbagai jens cokelat yang diberikan. Cokelat pertama “Girl-choco”, sebutan untuk cokelat siap makan yang akan diberikan kepada teman dan keluarga yang dicintai.

Cokelat kedua “Giri” yang memiliki arti kewajiban. Cokelat ini merupakan hadiah wajib yang diberikan kepada orang yang dicintai untuk menunjukkan kepedulian.

Cokelat ketiga disebut "honmei-chocos" atau cokelat yang diberikan kepada kekasihnya. Cokelat ini biasanya dibuat sendiri supaya memiliki arti lebih karena ada pengorbanan untuk membuatnya.

Baca juga: Sejarah Cokelat Bisa Ada di Indonesia

Korea Selatan
Hari Valentine di Korea Selatan sedikit berbeda dari tempat lain di dunia. Faktanya, ada 12 hari kasih sayang yang dirayakan pada tanggal 14 setiap bulan di Korea.

Pada tanggal 14 Februari para wanita akan memberikan cokelat untuk pasangannya. Nantinya, sang pria akan membalasnya di bulan berikutnya pada perayaan White Day.

Pada perayaan White Day, beberapa pria mengikuti aturan “Rule of Three” yang menenjadi pedoman bahwa hadiah timbal balik yang diberikan harus tiga kali lipat dari hadiah yang diterimanya pada Hari Valentine.

Sedangkan, bagi orang yang masih melajang dan tak bisa bertukar hadiah akan merayakan Black Day di bulan April. Semua akan berkumpul untuk memakan Jjajyangmyeon atau mie hitam secara bersama-sama.

Hari-hari kasih sayang di korea antara lainnya antara lain Diary Day (Januari), Rose Day (Mei), Kiss Day (Juni), Silver Day (Juli), Green Day (Agustus), Photo Day (September), Wine Day (Oktober), Movie Day (November), Hug Day (Desember).

Baca juga: Menikmati Kudapan Perancis di Hari Valentine

Ilustrasi pasangan merayakan Valentine dengan memberikan seikat mawar merahShutterstock.com Ilustrasi pasangan merayakan Valentine dengan memberikan seikat mawar merah

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X