Kenali, 5 Tipe Orang yang Tak Cocok untuk Lakukan Latihan HIIT

Kompas.com - 18/02/2020, 20:50 WIB
Ilustrasi push ups dengan kettlebell HalfpointIlustrasi push ups dengan kettlebell

KOMPAS.com - Di tahun 2019 lalu, model olahraga dengan latihan interval intensitas tinggi ( HIIT) telah tercatat sebagai salah satu tren aktivitas kebugaran tertinggi, berdasarkan survei tahunan American College of Sports Medicine.

Salah satu faktor utamanya karenaHIIT adalah cara yang bagus untuk meningkatkan tingkat kebugaran, dan membakar lebih banyak kalori dalam waktu yang relatif singkat.

Sesuai definisinya, HIIT adalah latihan kardio intensitas tinggi dengan kombinasi gerakan yang dilakukan dalam durasi singkat, mulai dari 5-20 menit.

Kelebihan ini menjadikan HIIT menjadi pilihan populer bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan ataupun mendapatkan tubuh yang bugar.

Baca juga: Merasa Terhukum Saat Lakukan HIIT? Coba Olahraga Intensitas Rendah

Lalu, jika mempertimbangkan segi hasil, maka perempuan yang memiliki kelebihan berat badan atau bahkan obesitas yang melakukan tiga sesi HIIT mingguan bisa mengalami dampak signifikan dengan HIIT. 

Tercatat, mereka bisa kehilangan lebih dari tiga kilogram di akhir minggu ke-15, berdasarkan penelitian International Journal of Obesity.

Namun demikian, di saat HIIT menjadi pilihan latihan yang terkesan hebat dan efisien, olahraga ini ternyata tidak cocok untuk semua orang. 

Ada setidaknya lima kelompok/tipe orang yang -mungkin, tak cocok melakukan HIIT.

1. Bermasalah dengan jantung

Olahraga model ini akan memberi tekanan besar pada jantung.

"Olahraga ini meningkatkan kebutuhan jantung dan sistem kardiorespirasi untuk mengirimkan oksigen ke otot-otot yang sedang bekerja."

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X