Kampanye #SamaSamaBelajar, "Social Movement" Pakai TikTok

Kompas.com - 22/02/2020, 11:00 WIB
Salah satu pembicara dalam kampanye #SamaSamaBelajar. Kampanye ini dibuat TikTok sebagai ajakan pada mahasiswa untuk melakukan perubahan sosial lewat video kreatif.  KOMPAS.com/RENI SUSANTISalah satu pembicara dalam kampanye #SamaSamaBelajar. Kampanye ini dibuat TikTok sebagai ajakan pada mahasiswa untuk melakukan perubahan sosial lewat video kreatif.

KOMPAS.com – Belum lama ini, jagat maya dihebohkan dengan penampilan Risa Culametan. Seorang siswi SMP yang videonya tentang “culametan” viral di akun TikTok.

Video ini menceritakan tentang seseorang yang suka meminta makanan orang lain.

Risa berdialog dalam bahasa sunda kasar dengan wajah imut, dan suara anak kecil yang khas.

Bukan cuma Risa. Video TikTok tiga gubernur di Indonesia yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Ridwan Kamil seketika pun viral.

Baca juga: Saat Anies, Ganjar, dan Ridwan Kamil Main TikTok Bareng dalam Mata Najwa...

Dengan luwes mereka mengikuti gerakan dalam anysongchallange yang tengah populer di TikTok.

Terkenalnya TikTok membuat pengunduhan digital platform ini makin moncer.

Bahkan pada 2018, TikTok mencatat pengunduhan tertinggi di App Store dan Google Play Store. Sekarang, aplikasi ini telah diunduh lebih dari 1,5 miliar kali.

Mengingat besarnya pengguna TikTok, mereka pun merasa berkewajiban untuk mengajak pengguna khususnya kalangan mahasiswa ikut serta melakukan gerakan perubahan.

Baca juga: Viral Joget TikTok di Acara Pernikahan, Ini Ceritanya...

“Melalui kampanye # SamaSamaBelajar, kami mengajak generasi muda menciptakan lingkungan positif melalui gerakan perubahan digital yang menghadirkan kenyaman bagi pengguna internet lainnya.”

Hal itu disampaikan Head of Public Policy TikTok Indonesia, Donny Eryastha kepada Kompas.com di Bandung, Jumat (21/2/2020) kemarin.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X