Memilih Makanan dengan Sadar, Kunci Mengurangi Konsumsi Gula

Kompas.com - 24/02/2020, 21:20 WIB
Ilustrasi makanan manis OcusFocusIlustrasi makanan manis

KOMPAS.com -   Makanan manis memang selalu menggoda dan bagi kebanyakan orang, makanan manis juga seringkali dikaitkan dengan sebuah perayaan atau kenyamanan.

Padahal, makanan manis tak selalu menambah energi ataupun baik untuk kesehatan.

Dalam buku, Sugar Free 3, para ahli terkemuka membuat program 3 minggu secara sederhana dan serangkaian video pendamping yang dilakukan pada aplikasi Openfit untuk menjelaskan apa yang terjadi.

Percobaan ini diharapkan akan membantu menghilangkan konsumsi gula tambahan, karbohidrat olahan, dan pemanis-pemanis lainnya, serta mengatasi kebiasaan mengidam gula.

Baca juga: Orang Indonesia Konsumsi Gula 11,47 Kg per Tahun

Dari percobaan itu dapat ditarik kesimpulan, bahwa hanya karena kita memiliki keinginan atau menginginkan sesuatu yang manis, tidak berarti kita harus mengonsumsi gula atau bahkan mengganti gula, dengan hal lain seperti buah-buahan secara impulsif.

Bagaimana  menahan diri dari keinginan mengonsumsi gula

Kita dapat memperkuat pertahanan terhadap keinginan mengonsumsi makanan manis dengan memahami apa yang sebenarnya terjadi, seperti kapan kita menginginkan makanan tersebut.

Hal lain yang tak kalah penting adalah mengenali apa yang kita sukai dan inginkan. Alih-alih menghindari suatu makanan, ada baiknya secara sadar memilih menu makanan yang kita inginkan dan mengonsumsinya dalam jumlah moderat.

Sebagai contoh, ketika kita mengganti menu ayam bakar dengan salad dan merasa tidak puas, kita cenderung akan menginginkan makanan manis di sore hari, ketimbang saat kita merasa puas setelah menikmati ayam bakar dan salad bersamaan.

Karena itu, usahakan untuk memilih makanan yang kita sukai atau sedang kita inginkan. Jika ada beberapa makanan yang kita inginkan, pikirkan dan pilih yang terbaik.

Ini akan membuat kita merasa puas dan tak lagi penasaran dengan makanan lain .

Selain itu, ada lima cara lain yang bisa kita lakukan untuk mengurangi keinginanan makan makanan manis:

1) Memiliki strategi camilan

Jika keinginan makan makanan manis muncul pada sore hari, nikmati kudapan sore hari, dan jadikan itu rutinitas.

Cobalah pilih kudapan sehat seperti keripik dari sayuran atau camilan yang mengandung gandum.

2) Atur kecepatan makanmu

Ini mungkin memerlukan beberapa tahap, tetapi penting untuk merencanakan irama makan kita dari sebelumnya.

Ini dapat membantu mencegah kita terlalu lapar di siang hari, yang mengarah pada kebiasaan mengunyah dan makan berlebihan.

Baca juga: Makanan Manis Bisa Memperbaiki Mood, Benarkah?

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber menshealth
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X