Kompas.com - 08/03/2020, 16:08 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Anak-anak sangat terinspirasi dan dipengaruhi oleh apa yang dilakukan orangtua mereka.

Anak yang melihat orangtua selalu bersikap tenang dan percaya diri cenderung tumbuh menjadi orang yang percaya diri.

Di sisi lain, jika orangtua terus-menerus bertengkar dan berteriak, tidak diragukan lagi anak akan mendapatkan kualitas yang sama.

Bagaimanapun, perilaku orangtua dapat memengaruhi kepribadian seorang anak.

Karena itu, orangtua perlu selalu peduli tentang memberikan pengasuhan terbaik kepada anak-anak mereka, apa pun yang terjadi.

Namun terkadang, beberapa orangtua gagal memberikan kasih sayang kepada anak mereka. Dengan kata lain, orangtua sulit memahami kebutuhan emosional anak.

Baca juga: 5 Cara Menjadi Orangtua dengan Penuh Kesadaran

Ada beberapa alasan mengapa orangtua gagal memahami kebutuhan emosional anak mereka.

Masa lalu yang belum selesai

Jika seseorang memiliki masa lalu yang sulit dan tidak bisa melupakannya, maka itu dapat menyebabkan kurangnya cinta pada orang tersebut.

Ketika seseorang telah menjadi orangtua saat mengalami trauma, atau jika orang itu trauma selama menjadi orangtua, ini bisa menjadi alasan kurangnya kasih sayang untuk anak.

Halaman:


Sumber Boldsky
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X