Kompas.com - 27/03/2020, 17:10 WIB
Modest fashion koleksi Markamarie Dok MarkamarieModest fashion koleksi Markamarie

KOMPAS.com – Program inkubasi dan pendanaan bagi desainer busana muslim di Indonesia Modest Fashion Founders Fund (MFFF) yang digagas oleh Markamarie, kini diadaptasi di Malaysia.

Markamarie merupakan perusahaan modest fashion lokal Indonesia yang digawangi oleh Franka Soeria dan Ismail Semin.

Perusahaan ini lebih dikenal sebagai promotor dan akselerator bagi desainer busana muslim dan brand Indonesia yang menyasar Asia Tenggara sebagai target ekspansinya.

Tahun 2019 lalu, Markamarie bersama Bekraf (kini Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) mengadakan MFFF yang menghubungkan desainer serta brand modest fashion dan sektor keuangan (pendanaan dari bank).

Kini, program serupa diadaptasi di Malaysia melalui Markamarie Malaysia dengan nama Fund The Founders.

"Kami menyadari bahwa program semacam ini sebenarnya dibutuhkan oleh semua pengusaha modest fashion di dunia. Banyak desainer dan brand yang butuh dukungan dari segi keuangan dan pendanaan. Termasuk yang sudah besar,” kata Franka.

Ia menjelaskan, perbedaan dari program di Malaysia adalah para pendana bukan hanya berasal dari sektor perbankan saja namun juga investor lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kami juga akan mendampingi mereka setelah mereka mendapatkan pendanaan. Untuk memastikan bahwa bisnis bisa berjalan dengan benar dan sehat," ujar perempuan yang dikenal sebagai co-founder Modest Fashion Week global ini.

Baca juga: Dukungan Bekraf untuk Pendatang Baru Modest Fashion

Launching Markamarie Malaysia pada akhir bulan Februari 2020.Dok Markamarie Launching Markamarie Malaysia pada akhir bulan Februari 2020.

Program Fund The Founders didukung oleh salah satu universitas terbaik di Malaysia yaitu Institute of Islamic Banking & Finance - International Islamic University Malaysia (IIUM).

Potensi Asia Tenggara

Berbicara tentang ekspansi Markamarie ke negeri jiran, Franka berharap desainer dan brand dari Asia Tenggara semakin dikenal.

“Saya melihat para talent dari wilayah ini sering terlupakan. Ketika berbicara Asia, orang selalu mengingat China, Jepang, India dan Korea. Padahal secara ekonomi, Asia Tenggara adalah wilayah yang sangat menjanjikan,” katanya.

Menurutnya, Markamarie ingin menjadi akselerator industri kreatif bagi Asia Tenggara ke tingkat global.

“Setelah Malaysia, kami juga akan segera membuka cabang lainnya di wilayah ini. Harapan saya, kita semua bisa berkolaborasi dengan efektif sehingga positioning kita bisa lebih diperhitungkan lagi,” katanya.

 



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.