Kompas.com - 11/04/2020, 23:50 WIB
Ilustrasi menyentuh wajah shutterstockIlustrasi menyentuh wajah

KOMPAS.com - Sejumlah pakar kesehatan dan WHO telah menyarankan masyarakat agar melakukan tindakan pencegahan terhadap virus corona.

Banyak dari kita kemudian sering mencuci tangan, menjaga jarak dari orang lain dan membuat masker wajah sendiri jika harus pergi ke luar rumah.

Kita mungkin juga menyadari betapa seringnya kita menyentuh area wajah untuk menggosok mata, hidung yang terasa gatal, atau menggigit kuku.

Baca juga: Antisipasi Corona, Kurangi Menyentuh Wajah

Pakar kesehatan menyarankan agar kita tidak menyentuh wajah, karena tindakan ini bisa melindungi kita dari infeksi virus corona.

Di saat Covid-19 diyakini menyebar melalui tetesan yang dikeluarkan ketika seseorang yang terinfeksi batuk atau bersin, tetesan ini juga dapat mendarat di permukaan.

Jika kita menyentuh permukaan yang terinfeksi dengan tangan dan kemudian menyentuh mata, hidung atau mulut, kita berpotensi terinfeksi virus corona dan jatuh sakit.

Namun, berhenti menyentuh wajah jauh lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Berikut beberapa saran untuk menghentikan kebiasaan tersebut.

Tingkatkan kesadaran

Kontak tangan dengan wajah sering terjadi sepanjang hari tanpa kita sadari.

Satu studi terhadap mahasiswa kedokteran menemukan, para peserta menyentuh wajah mereka sekitar 23 kali dalam satu jam, dan hampir setengah dari kasus itu melibatkan mata, hidung atau mulut mereka.

"Kemungkinan besar itu adalah perilaku yang tidak disadari atau bahkan gugup, seperti memutar-mutar rambut kita," kata terapis klinis perilaku kesehatan Karen Tucker, LISW-S, ACSW.

Baca juga: Bisakah Kita Mencuci dan Memakai Kembali Sarung Tangan?

Jadi langkah pertama untuk menjauhkan tangan dari wajah adalah menyadari kapan dan bagaimana kita melakukannya. Coba lakukan cara berikut:

1. Mengamati orang lain

Memerhatikan bagaimana dan kapan orang lain menyentuh wajah mereka mungkin membuat kita mulai sadar dengan kebiasaan kita sendiri.

Apakah anak meletakkan dagunya di telapak tangan setiap kali ia merasa bosan? Apakah kita melakukan hal yang sama?

2. Gunakan sabun tangan, losion, atau sedikit parfum

Jika tangan atau pergelangan tangan kita berbau, kita mungkin akan lebih memperhatikan saat kita akan menyentuh wajah dan dapat mengurungkan hal itu.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Kebiasaan Pegang Wajah untuk Cegah Virus Corona

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X