Warna Lidah Bisa Bantu Deteksi Penyakit, Benarkah?

Kompas.com - 15/04/2020, 14:51 WIB
Ilustrasi lidah shutterstockIlustrasi lidah
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bukan hanya kuku, warna lidah juga bisa menunjukkan kondisi kesehatan kita. Tak heran, jika dokter kerap meminta pasien menjulurkan lidah ketika melakukan pemeriksaan.

Normalnya, lidah yang sehat berwarna merah muda dengan bintik-bintik kecil (papila) di permukaan. Akan tetapi, lidah juga bisa mengalami perubahan warna karena kondisi tertentu.

Perubahan warna lidah dan artinya

Terjadinya perubahan warna pada lidah dapat mengindikasikan suatu masalah yang mendasarinya. Berikut perubahan warna pada lidah yang penting untuk diketahui:

1. Lidah berwarna putih

Lidah yang berwarna putih dapat terjadi karena tubuh kekurangan cairan (dehidrasi). Namun pada bayi, kondisi ini seringkali disebabkan oleh sisa-sisa air susu yang menempel.

Tak hanya itu, lidah berwarna putih atau penuh bintik-bintik putih tebal juga bisa menjadi tanda adanya infeksi jamur yang berkembang di mulut.

Infeksi jamur mulut lebih sering terjadi pada bayi, lansia, dan orang yang sistem kekebalan tubuhnya lemah.

Sementara, adanya bercak putih di lidah dan di dalam mulut dapat terjadi karena leukoplakia (perkembangan sel yang berlebih) akibat iritasi. Kondisi ini sering terjadi pada perokok dan dapat menjadi tanda awal kanker.

Di sisi lain, lidah yang berwarna putih juga dapat disebabkan oleh lichen planus oral. Belum diketahui apa penyebab pastinya, namun kondisi ini ditandai dengan adanya garis-garis putih mirip renda pada lidah.

Halaman:


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X