Kompas.com - 17/04/2020, 13:10 WIB
Ilustrasi melukis DragonImagesIlustrasi melukis
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Situasi yang tidak penuh ketidakpastian saat ini membuat banyak orang merasakan stres. Bahkan sebagian orang sampai meminta bantuan profesional untuk memulihkan stres yang mereka alami.

Orang-orang yang berstatus lajang juga tak lepas dari ancaman stres di masa pandemi ini. Apalagi bagi para lajang yang sebelumnya terbiasa beraktivitas di luar dan bersosialisasi, terkurung di rumah tentunya menimbulkan suasana hati yang tidak nyaman.

Lalu, bagaimana mengatasi stres pada para lajang di masa pandemi ini?

Founder Remedi Indonesia sekaligus Certified Energy Psychology Practicioner, Ferry Fibriandani menjelaskan, situasi ini sebetulnya lebih sulit untuk dihadapi mereka yang ekstrovert.

Sebab para lajang yang introvert cenderung bisa mendapatkan energi ketika berinteraksi dengan dirinya sendiri.

Baca juga: Dari 15 Ciri Introvert Ini, Adakah yang Mirip Dengan Kepribadianmu?

Di masa seperti ini, para lajang yang merasakan stres disarankan untuk lebih berfokus pada hal-hal yang bisa dikontrol oleh diri sendiri.

"Ya, kondisi ini membuat rekan single tidak tahan, namun akan senantiasa berat apabila kita menghadapi situasi yang di luar kontrol kita. Kita bisa fokus pada apa yang bisa kita kontrol," ungkapnya dalam sesi "Kulwap", Jumat (17/4/2020).

Nah, beberapa hal yang bisa kamu lakukan di antaranya:

1. Keluar dari zona nyaman

Menurut Ferry, saat ini adalah kesempatan yang baik untuk belajar keluar dari zona nyaman. Mulailah menggali kreativitas dengan mencari aktivitas unik dan baru yang selama ini belum sempat untuk dilakukan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X