Es Teh Manis untuk Buka Puasa, Segar atau Berbahaya?

Kompas.com - 29/04/2020, 18:01 WIB
Ilustrasi es teh manis. SHUTTERSTOCK/JOSHUA RESNICKIlustrasi es teh manis.
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Memilih es teh untuk buka puasa memang nikmat. Rasanya yang segar dan manis serasa mengguyur tenggorokan yang seharian kering.

Namun tahukah kamu kalau es teh manis sebenarnya bukan menu buka puasa yang ideal untuk kesehatan?

Saat berbuka, kita disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang lebih sehat seperti buah-buahan, termasuk kurma dan sayuran. Sementara itu untuk melepas dahaga, minuman yang paling sehat tentu adalah air putih.

Memang, saat berbuka kita sebaiknya mengonsumsi sesuatu yang manis sebagai pengganti energi. Namun, rasa manis yang dimaksud adalah yang didapatkan secara alami seperti pada kurma dan buah-buahan lain.

Sementara itu, rasa manis yang ada pada es teh berasal dari pemanis atau gula tambahan. Apalagi es teh kemasan yang kandungan gulanya umumnya jauh lebih tinggi dari rekomendasi asupan gula harian.

Baca juga: Sejarah Es Teh, Minuman Favorit Buka Puasa

 

Hal tersebut bisa memicu berbagai gangguan pada kesehatan, seperti:

  • Buat berat badan jadi naik selama puasa
  • Membuat tubuh terasa lelah dan lemas saat puasa
  • Perut jadi terasa kembung dan tidak nyaman karena gula berlebih akan sulit dicerna tubuh.

Mengonsumsi es teh untuk buka puasa boleh saja dilakukan sesekali dalam jumlah tertentu. Jika kita mengonsumsinya terlalu sering atau berlebihan, maka bersiaplah merasakan akibat-akibat yang telah disebutkan di atas.

Menu buka puasa yang sehat

Jika es teh tidak disarankan untuk buka puasa, lalu apa yang harus dikonsumsi? Tenang, masih bayak menu buka puasa yang sehat dan tetap lezat untuk memuaskan rasa lapar dan dahaga. Berikut ini contohnya.

1. Kurma

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X