Kompas.com - 03/05/2020, 12:00 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Tidak ada pakem metode penurunan berat badan yang cocok untuk semua orang.

Sebab, proses penurunan berat badan dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti berat badan terakhir, pola makan, tingkat aktivitas fisik, dan lainnya.

Bagi kamu yang tak kunjung sukses menurunkan berat badan, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui penurunan berat badan realistis yang bisa kamu capai dalam waktu satu bulan.

Baca juga: Ternyata, Cuka Apel Tak Bantu Turunkan Berat Badan

"Dengan asumsi nutrisi 100 persen selama proses ini, faktornya dipengaruhi juga oleh berat badan lemak pada tubuh masing-masing orang."

Begitu kata pelatih bersertifikasi dari Australian Institute of Personal Trainers, Stephen Cheuk.

Cheuk mencontohkan, seorang perempuan yang sudah relatif ramping (dengan 18-28 persen lemak tubuh) dan melakukan latihan kekuatan bisa menurunkan berat badan sekitar 0,5-0,8 kilogram per minggu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, hasilnya bisa berbeda pada perempuan lainnya.

"Jika memiliki tubuh yang lebih berat dan memiliki persentase lemak tubuh yang lebih tinggi  (lebih dari 28 persen), dia bisa kehilangan minimal satu persen lemak tubuh seminggu," kata dia.

Baca juga: Bagaimana Puasa Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?

Sementara itu, Direktur Gizi Performa sekaligus Asisten Pelatih Kekuatan dan Kondisi New York Giants, Pratik Patel, MS, RD, CSSD, CSCS juga memberikan pendangannya.

Dia mengatakan, jika kita bisa dengan stabil menurunkan berat badan sekitar 0,5-1 kilogram per minggu, maka kita cenderung bisa mengontrol penurunan berat ke depannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber MSN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.