Diet Alkaline, Tak Hanya untuk Menurunkan Berat Badan

Kompas.com - 08/05/2020, 10:37 WIB
Ilustrasi sayuran Ilustrasi sayuran
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Ada banyak jenis metode diet yang bisa dilakukan untuk mendapat tubuh ideal dan sehat, salah satunya diet alkaline.

Meski tak sepopuler diet keto maupun diet mayo, tetapi diet ini juga cukup banyak mendapat perhatian.

Tak hanya dapat membantu menurunkan berat badan, diet alkaline juga digadang-gadang dapat membuat kita terhindar dari berbagai penyakit. Berikut penjelasan lengkap mengenai diet alkaline.

Apa itu diet alkaline?

Diet alkaline atau diet asam basa adalah metode diet yang dilakukan dengan mengatur pola makan untuk menyeimbangkan pH darah dalam tubuh.

Pada diet ini, Anda harus lebih banyak mengonsumsi makanan yang bersifat alkali (basa) dan membatasi makanan yang bersifat asam dengan perbandingan 70% dan 30%.

Perlu diketahui, pH darah bersifat alkali. Sebuah penelitian menyatakan bila Anda mengonsumsi makanan dengan pH asam, maka pH darah akan turun.

Sementara jika Anda mengonsumsi makanan dengan pH alkali, maka pH darah akan stabil. Hasil penelitian ini membuat para ilmuwan menyimpulkan bahwa jenis makanan alkali akan membuat tubuh dalam kondisi stabil dan lebih sehat.

Menurut teori diet ini, makanan yang bersifat asam seperti halnya daging, unggas, susu, dan telur dapat membuat tubuh lebih rentan terkena penyakit.

Baca juga: 5 Kesalahan Diet yang Mungkin Kamu Alami

 

Sementara, makanan yang bersifat alkali misalnya buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Diet alkaline juga dipercaya memiliki manfaat, sebagai berikut:

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X