5 Kesalahan Diet yang Mungkin Kamu Alami

Kompas.com - 09/03/2020, 11:48 WIB
Ilustrasi diet ShutterstockIlustrasi diet
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Apakah kamu sedang diet namun berat badan tidak kunjung turun? Tentunya, hal ini membuatmu berpikir apakah melakukan kesalahan diet?

Jika kamu telah makan dengan benar dan rutin berolahraga tetapi masih belum melihat perubahan apapun, mungkin saja kamu melakukan kesalahan yang tidak disadari.

Beberapa peneliti mengatakan bahwa ketika seseorang sedang melakukan diet, justru ia tanpa sadar malah bisa mengonsumsi kalori lebih banyak.

Sebagai permulaan, jika kamu ingin menurunkan berat badan, maka berhenti berpikir bahwa kamu sedang melakukan diet.

Anggaplah apa yang kamu kerjakan sekarang merupakan rutinitas atau kebiasaan yang berpengaruh terhadap berat badanmu.

Berpikir bahwa kita sedang diet adalah awal dari sugesti bahwa kita terobsesi dengan makanan, mudah merasa lapar, dan hal-hal negatif lainnya.

Baca juga: Pakar Nutrisi Ungkap 9 Penyebab Gagal Langsing, Mau Tahu?

Kita tidak akan pernah sadar seberapa cepat kalori bertambah di dalam tubuh. Satu sendok salad saja dapat menambah sekitar 75-100 kalori, sementara satu sendok mentega menambah 102 kalori.

Mencicipi makanan, minum kopi di pagi hari, menghabiskan sisa makanan anak, juga dapat menyebabkan penambahan kalori yang menyebabkan diet gagal, meski terlihat sepele.

Selain faktor yang disebutkan di atas, ada sejumlah faktor lain yang menjadi kesalahan diet. Berikut penjelasannya.

Kesalahan Diet #1: Terburu-buru menghabiskan makanan

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X