Agar Kuku Tak Rapuh dan Gampang Patah

Kompas.com - 08/05/2020, 19:24 WIB
Ilustrasi GOODHOUSEKEEPING.COMIlustrasi

KOMPAS.com - Kuku yang kuat dan indah membuat penampilan terlihat anggun. Selain itu, kuku juga merupakan indikator kesehatan yang baik. Namun, terkadang kuku menjadi lemah dan rapuh. 

Ada berbagai penyebab mengapa kuku rapuh. Mungkin kita pernah menarik sedikit ujung kuku dan akhirnya patah. Atau kita hanya dapat menumbuhkan kuku hingga panjangnya mencapai batas tertentu karena rentan patah. 

Beberapa tips ini perlu diingat untuk memperoleh kuku yang panjang, kuat, dan tentu saja, indah dilihat.

Jangan terlalu lama di dalam air

Berapa banyak dari kita yang tahu kuku kita keropos? Itu artinya, kuku kita mudah menyerap air. Jika kita merendam kuku di dalam air dalam waktu lama, air yang diserap membuat kuku kita lemah sehingga mudah patah. 

Menggunakan tabir surya

Bukan hanya kulit kita yang membutuhkan pelindung matahari, melainkan juga kuku. Paparan sinar matahari yang terlalu lama bisa membuat kuku kita rapuh. Ada cara mudah untuk hal itu, yakni memakai tabir surya.

Saat kita berada di bawah sinar matahari, oleskan sedikit tabir surya di bagian kuku. Ini akan melindungi kuku kita dari efek sinar matahari.

Baca juga: Kuku Panjang Mempermudah Penularan Virus Corona, Benarkah?

Hindari cat kuku yang cepat mengering

Banyak dari kita terobsesi dengan cat kuku yang cepat mengering. Ini terlihat cantik dan tidak berantakan. Namun, cara instan tidak selalu membawa hasil baik.

Halaman:


Sumber Boldsky
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X