6 Cara Mengatasi Tulang Ikan Yang Tersangkut di Tenggorokan

Kompas.com - 15/05/2020, 13:51 WIB
Ilustrasi duri ikan shutterstockIlustrasi duri ikan
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Ikan merupakan salah satu lauk favorit bagi sebagian besar orang. Selain enak disantap dan mudah diolah menjadi berbagai macam hidangan, ikan juga menjadi sumber protein yang sangat baik bagi tubuh.

Akan tetapi, berhati-hatilah saat sedang menyantap ikan. Salah-salah, tulang ikan dapat tersangkut di tenggorokan. Tentu hal ini sangat mengganggu dan menjengkelkan. Lantas, bagaimana cara menghilangkan tulang ikan di tenggorokan?

Tulang ikan umumnya berukuran kecil dan tajam. Ketika seseorang tak sengaja menelannya, ia akan melewati saluran pencernaan tanpa masalah. Namun, pada beberapa orang, duri ikan justru tersangkut di tenggorokan.

Selain merasa tidak nyaman, ada beberapa tanda atau gejala yang mungkin muncul saat tulang ikan tersangkut di tenggorokan, di antaranya:

  • Batuk
  • Sakit saat menelan
  • Kesulitan menelan
  • Air liur berdarah
  • Sensasi rasa menggelitik di tenggorokan
  • Sensasi rasa tajam yang menancap di tenggorokan

Baca juga: 10 Manfaat Makan Ikan yang Menyehatkan bagi Tubuh

Cara menghilangkan duri di tenggorokan

Berikut adalah cara menghilangkan tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan:

1. Batuk yang kencang

Cara menghilangkan tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan yang utama adalah batuk. Pada beberapa kasus, batuk yang kencang dapat membantu mengeluarkan duri ikan yang tersangkut di dalam tenggorokan.

2. Minum air garam

Jika dengan batuk duri ikan tak kunjung hilang, kamu dapat minum segelas air hangat yang telah ditambahkan sejumput garam.

Halaman:


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X