Berjalan Kaki, Olahraga Sekaligus Meditasi di Tengah Pandemi

Kompas.com - 05/06/2020, 12:08 WIB
Ilustrasi berjalan di tangga spukkatoIlustrasi berjalan di tangga
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Saat kita merasa bosan di rumah karena masa karantina, salah satu cara untuk menghilangkan kebosanan tersebut adalah menghirup udara segar di luar dengan berjalan kaki.

Memang latihan di rumah bisa tetap membuat kita bugar, namun berjalan kaki setiap hari dapat meningkatkan kesehatan mental dan memiliki manfaat sosial serta emosional.

"Berjalan memungkinkan kita melihat orang lain dan menyapa dari jarak aman. Interaksi sosial singkat itu bisa meningkatkan suasana hati dan membuat kita tersenyum. Ini juga perubahan pemandangan yang menyenangkan."

Demikian kata Michele Stanten, pelatih bersertifikat ACE dan penulis "Walk Off Weight."

"Saya suka jalan-jalan bersama seorang teman dengan menerapkan jarak sosial. Kami dapat berjauhan saat melakukan percakapan. Ini memungkinkan kita secara fisik jalan bersama  sekaligus berolahraga," katanya.

Berjalan kaki juga menawarkan kesempatan untuk terhubung dengan alam, menghilangkan stres dan membawa banyak kesadaran penuh (mindfulness) ke hari-hari kita.

"Meskipun berjalan memberi manfaat setiap saat, berjalan-jalan selama karantina memiliki nilai tertentu," kata Alexis Santos, guru meditasi di Ten Percent Happier, aplikasi mindfulness dan meditasi.

"Berjalan-jalan membantu menghilangkan berbagai pola pemikiran dan kecemasan yang mungkin kita hadapi. Ini cara yang bagus untuk menetralkan pikiran."

Baca juga: Bagaimana Berjalan Kaki Bisa Memengaruhi Kesehatan?

Jika kita menghabiskan sebagian besar hari duduk di depan komputer, berjalan kaki merupakan cara terbaik untuk mengurangi rasa sakit.

"Sendi kita kaku sepanjang hari, terutama jika kita sering duduk, jadi berjalan membantu mengendurkan saraf dan meningkatkan sirkulasi darah," kata Stanten.

Halaman:


Sumber NBCNews
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X