Kompas.com - 05/06/2020, 14:51 WIB
Ilustrasi anak-anak bermain gadget ShutterstockIlustrasi anak-anak bermain gadget

KOMPAS.com - Kemajuan teknologi, dan kondisi pandemi Covid-19 yang melanda dunia, salah satunya berdampak pada meningkatkan waktu penggunaan gawai pada anak-anak.

Ketika aktivitas belajar di sekolah dilakukan dengan bantuan media internet, maka -seperti tak ada pilihan, anak pun menjadi kian terbiasa dengan layar gadget di depan matanya.

Bagi banyak orangtua, keadaan ini tentu mendatangkan kecemasan tersendiri.  Mau tak mau, bagi orangtua, era ini menjadi masa pengasuhan anak yang kian sulit.

Ada kewajiban orangtua untuk menemukan keseimbangan yang baik dalam hal teknologi dan kehidupan lain dalam konteks pengasuhan anak. 

Baca juga: Cegah Gangguan Mata Balita akibat Terlalu Lama Pakai Gawai

Tak sedikit orangtua yang lantas membatasi waktu layar anak mereka semaksimal mungkin. Namun, ada saat di mana orangtua memang tak bisa melarang pemakaian gawai.

Namun, alih-alih melihatnya sebagai hal yang buruk, waktu layar dan paparan konten digital sebenarnya dapat membantu balita dan anak prasekolah untuk belajar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, sebagai orangtua kita pun tentu tak ingin melihat anak ketinggalan secara keterampilan digital, apalagi hal itu kini menjadi primadona di banyak tempat kerja.

Masalahnya adalah, konten seperti apa dan bagaimana mengekspos anak sehingga dia akan mengambil keterampilan yang berguna dari kebiasaan memakai gadget tadi.

Apa yang salah dengan "menghibur" anak dengan smartphone?

Mungkin bagi sabagian dari kita, memberikan waktu kepada anak untuk bermain gawai bisa membuat kita bisa melakukan aktivitas lainnya, tanpa diganggu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.