Kompas.com - 21/06/2020, 12:34 WIB
Ilustrasi dexamethasone SHUTTERSTOCK/JOSHIMERBINIlustrasi dexamethasone
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Obat Covid-19 memang masih belum ditemukan. Namun, baru-baru ini tim peneliti dari Inggris mengumumkan dexamethasone dapat menjadi suatu terobosan dalam mengobati Covid-19.

Apa itu dexamethasone dan bagaimana efektivitasnya dalam mengobati pasien Covid-19?

Dexamethasone adalah obat golongan kortikosteroid. Jenis obat ini biasanya digunakan untuk mengatasi peradangan, gangguan pencernaan, asma, dan reaksi alergi. Terkadang, dexamethasone juga digunakan dalam pengobatan beberapa jenis kanker.

Cara kerja dexamethasone menyerupai hormon yang secara alamiah diproduksi oleh kelenjar adrenal. Kandungan steroid dalam obat ini dapat menurunkan sistem pertahanan tubuh sehingga gejala radang berangsur hilang.

Dexamethasone merupakan obat yang hanya diresepkan oleh dokter. Pasalnya, dexamethasone dapat menimbulkan beberapa efek samping, seperti mual, sakit kepala, pusing, iritasi lambung, sakit perut, jerawat, sulit bernapas, penglihatan kabur, hingga sistem kekebalan tubuh menurun.

Baca juga: Dexamethasone Diklaim Ampuh untuk Covid-9, Ini Imbauan IDI

Berapa harga dexamethasone?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dexamethasone adalah obat murah yang dapat ditemukan di mana-mana. Meski demikian, pembelian obat dexamethasone secara bebas di apotek tetap membutuhkan resep dokter.

Dexamethasone pertama kali dibuat pada 1957 silam dan telah digunakan di Inggris pada awal 1960-an untuk mengobati peradangan.

Mengutip laman BBC, pemerintah Inggris mengatakan telah memiliki obat ini dengan persediaan yang cukup untuk mengobati 200.000 pasien, sebagai antisipasi dari efek positif hasil penelitian.

Biaya obat ini senilai £5.40 (setara Rp 93 ribu) untuk satu pasien per hari. Pengobatan dilakukan setidaknya selama 10 hari.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.