Rasakan Efek Terapeutik dengan Berada di Alam

Kompas.com - 30/06/2020, 08:48 WIB
Ilustrasi taman FREEPIK/ OnlyyouqjIlustrasi taman


KOMPAS.com - Dengan mulai dilonggarkannya masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), kita bisa memanfaatkannya dengan beraktivitas di luar ruang seperti di alam terbuka.

Menikmati kesejukan udara dan hijaunya pohon ternyata memiliki efek terapeutik dan menurunkan stres.

Penelitian yang dilakukan Mental Health Foundation Inggris menyebut, 62 persen orang dewasa merasakan stres akibat Covid-19 berkurang setelah jalan-jalan di alam terbuka.

Walau jarak menjelajah di alam hanya pendek dan tidak terlalu banyak, tetapi dampaknya tetap positif bagi kesejahteraan mental.

Berbagai penelitian memang telah menunjukkan kaitan antara ruang terbuka hijau dengan penurunan masalah mental, seperti stres atau kecemasan.

Kita bisa melakukannya dengan berjalan di taman, kebun atau pun ruang terbuka lain sekitar rumah. Agar manfaatnya lebih terasa, perhatikan apa yang kita lihat, dengar, rasakan, dan baui.

 

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Euronews
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X