Ingin Sepeda Awet? Rawatlah dengan Rutin

Kompas.com - 04/07/2020, 21:23 WIB
Bersepeda. ShutterstockBersepeda.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Jika kita mempunyai sepeda, tentu kita ingin agar sepeda tersebut dapat bertahan lama. Karenanya, perlu perhatian lebih agar sepeda bisa dipakai dalam waktu yang panjang.

Merawat sepeda secara rutin merupakan langkah termudah untuk memastikan sepeda yang kita beli tidaklah sia-sia.

Tidak ada kesulitan berarti dalam merawat sepeda, namun butuh dedikasi. Setelah bersepeda jarak jauh, ada baiknya jika kita tidak menyandarkan sepeda ke tembok begitu saja dan pergi, namun merawatnya dengan lembut dan penuh kasih sayang. Apa yang harus dilakukan?

1. Jaga sepeda tetap bersih

Menjaga sepeda tetap bersih memang sederhana, namun sangat penting. Hal ini bukan hanya membuat sepeda tampak keren, melainkan juga memastikan setiap bagian sepeda berfungsi dengan sempurna.

Perlu diingat, bersihkan sepeda dengan teliti hingga ke bagian-bagiannya setelah kita bersepeda menerjang hujan atau lumpur.

Jangan lupa buat jadwal rutin untuk membersihkan sepeda. Ini tergantung seberapa sering kita bersepeda, namun jika ingin menjaga sepeda dalam kondisi terbaik, bersihkan setidaknya sebulan sekali.

2. Pelumas untuk mencegah aus

Pastikan sepeda dilumasi dengan benar --terutama bagian sepeda yang memiliki mekanisme gerak-- dari keausan berlebih.

Hindari melumasi terlalu banyak, karena akan menarik kotoran dan merusak sepeda. Biarkan pelumas meresap, lalu bersihkan sisa oli dengan lap.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X