Studi: Ibu yang Melahirkan Prematur Berisiko Terkena Penyakit Jantung

Kompas.com - 12/07/2020, 09:09 WIB
Ilustrasi ibu hamil di tengah pandemi virus corona. ShutterstockIlustrasi ibu hamil di tengah pandemi virus corona.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Seorang ibu yang melahirkan secara normal umumnya telah memiliki usia kandungan 9 bulan 10 hari, atau 37 minggu.

Jika usia kandungan sang ibu belum mencapai 37 minggu, artinya ia melahirkan bayi secara prematur. Menurut penelitian terbaru, kelahiran prematur bisa berdampak negatif bagi bayi maupun ibu.

Satu studi menemukan, wanita yang melahirkan secara prematur memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung koroner.

Dan, risiko jantung koroner pada ibu bisa bertahan selama beberapa dekade.

Dalam studi tersebut, para peneliti meninjau lebih dari 2,1 juta angka kelahiran di Swedia dari tahun 1973 hingga 2015.

Mereka menemukan 49.955 diagnosis penyakit jantung koroner di antara para ibu.

Dalam waktu 10 tahun pertama pasca melahirkan, wanita yang melahirkan sebelum usia kandungan memasuki 37 minggu memiliki risiko penyakit jantung hampir dua setengah kali lipat dibandingkan mereka yang melahirkan pada usia kandungan 39-41 minggu.

Bahkan, wanita yang melahirkan di usia kandungan 37-38 minggu memiliki peningkatan risiko penyakit jantung 47 persen, dan semakin awal persalinan, semakin tinggi pula risikot tersebut.

Studi ini diterbitkan ke dalam Journal of American College of Cardiology.

Baca juga: 3 Komplikasi Kesehatan Bayi Prematur, Waspada!

Disesuaikan dengan usia sang ibu, peningkatan risiko bertahan selama 43 tahun pasca kelahiran.

Sebuah sub-analisis pada lebih dari satu juta wanita yang melahirkan di waktu berbeda menunjukkan, kaitan antara kelahiran prematur dan risiko penyakit jantung hampir tidak disebabkan oleh faktor genetik atau lingkungan.

Kelahiran prematur sendiri tetap merupakan faktor risiko independen yang kuat.

"Persalinan prematur sekarang harus diakui sebagai faktor risiko penyakit jantung pada wanita," kata penulis utama studi, Dr. Casey Crump, profesor kedokteran keluarga di Mount Sinai Hospital.

"Dan wanita dengan riwayat persalinan prematur akan membutuhkan penanganan lebih awal untuk mengurangi faktor risiko lainnya."

Baca juga: 11 Faktor Ini Bisa Menjadi Penyebab Penyakit Jantung



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X