Simaklah, Manfaat Bersepeda yang Mungkin Belum Kamu Sadari

Kompas.com - 13/07/2020, 11:05 WIB
Bersepeda jadi tren yang kembali mengemuka di fase new normal Dok. ShutterstockBersepeda jadi tren yang kembali mengemuka di fase new normal

KOMPAS.com - Kegiatan bersepeda memang sedang menjadi tren yang membesar luar biasa  di Indonesia saat ini.

Mulai dari mereka yang ingin menjadikan sepeda sebagai alat olahraga, menjadikannya sebagai alat transportasi, hingga mereka yang hanya termakan tren, semua bercampur menjadi satu. 

Namun, di atas semua itu ada banyak manfaat sepeda, yang mungkin beberapa di antaranya belum kita sadari.

Baca juga: Bersepeda dalam Kondisi Perut Kosong, Efektif Turunkan Berat Badan?

Pegiat sepeda yang juga musisi dan bintang film Nugie, memberi kasaksiannya kepada Kompas.com dalam sebuah perbincangan di akhir pekan lalu.

Pertama, Nugie yang menggunakan sepeda sebagai alat transportasi sejak tahun 2009 merasa sepeda dapat mendatangkan manfaat finansial.

"Naik sepeda irit, bisa irit banget sebagai transportasi. Saya alami sendiri, uang cash saya enggak kepake. Bawa minum sendiri. sampai di lokasi dapat konsumsi," kata dia.

"Uang yang biasanya saya pake untuk kendaraan dan transportasi umum (utuh). Peghematannya signifikan nyampe 20-30 persen."

Baca juga: Berbagai Manfaat Bersepeda, Selain Sehat Juga Bikin Gembira

"Karena biaya mobil bukan cuma bensin, perawatan, parkir, tol. Belum masalah waktu yang enggak bisa dibeli," tegas dia.

Lalu, dari sisi kesehatan, Nugie merasa kebugarannya sebagai seorang penikmat rokok dan kopi, masih tergolong bagus.

"Hasil check up saya bagus," kata pria 48 tahun ini.

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X