Cerita Ganjar Pranowo Pingsan Karena Salah Teknik Bersepeda

Kompas.com - 08/07/2020, 13:39 WIB
Ganjar Pranowo gowes di malam tahun baru 2019. Dok. Humas Pemprov JatengGanjar Pranowo gowes di malam tahun baru 2019.

KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bukanlah orang baru dalam bersepeda. Namun saat mengawali hobi itu, ada cerita seru soal bagaimana ia mulai bersepeda.

Saat itu, kata Ganjar, ia bahkan pernah pingsan karena kelelahan bersepeda.

“Di Semarang saya sepedahan, (awalnya) enak, soalnya jalannya turun terus. Tapi karena bolak balik, saya pingsan (karena jalan menanjak). Setelah itu saya baru diajari yang suka bersepeda,” ujar Ganjar dalam Seminar Online Pesepeda: Mengatur, Diatur, Teratur yang diadakan Bike 2 Work, Selasa (7/7/2020).

Setelah bertanya pada beberapa teman dan konsutasi ke dokter, Ganjar mencoba kembali bersepeda. Kali ini ia mengikuti Tour de Borobudur.

Namun kali ini Ganjar dipinjami sepeda oleh rekannya. Saat itu Ganjar tak paham betul akan tipe-tipe sepeda berdasarkan medan yang akan dilalui.

“Waktu itu hybrid, tapi stangnya bisa diganti road bike. Saya sebut merek aja, kata teman saya ‘kalau sepeda bapak ini Avanza, ini yang saya pinjamkan McLaren’. Saya pakai, setelah sampai Magelang saya kok belum merasa capek,” ujar Ganjar.

Berdasarkan pengalaman itu, Ganjar lantas membagi tips untuk kamu yang baru akan mulai bersepeda. Yakni dengan memakai sepeda berdasarkan medan, serta memakai alat ukur jantung dan tidak terlalu bernafsu saat bersepeda.

“Jadi jangan bernafsu, kenapa saya pakai (alat ukur jantung), supaya tidak pingsan lagi. Pingsannya bisa siuman, malunya itu enggak habis-habis,” ujar Ganjar seraya terbahak.

Baca juga: Awas, Jangan Sepelekan Ngos-ngosan Saat Bersepeda

Ia juga berbagi tiga rumus sederhana dalam bersepeda.

Yang pertama, ternyata banyak yang salah dalam teknik kayuh, terlebih saat berada di tanjakan, “Ngayuhnya kecepeten (terlalu cepat), akhirnya jantung berdebar luar biasa,” ujar Ganjar.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X