Berbagai Manfaat Bersepeda, Selain Sehat Juga Bikin Gembira

Kompas.com - 12/07/2020, 20:54 WIB
Ilustrasi bersepeda shutterstockIlustrasi bersepeda
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Salah satu bentuk latihan yang paling disarankan oleh para dokter adalah latihan kardio. Kesehatan kardiovaskular kita memang sangat penting, dan jika kamu adalah seorang pengendara sepeda, kamu tentu sudah merasakan manfaatnya.

Tetapi seberapa bermanfaat bersepeda bagi kesehatan kita? Apakah sekedar meningkatkan kebugaran, atau dapatkah bersepeda memiliki dampak pada kesehatan tubuh dan emosional juga?

Jawabannya ternyata luar biasa. Bahkan setelah bertahun-tahun penelitian, dokter menyatakan bahwa bersepeda adalah salah satu latihan paling menguntungkan bagi kita. Berikut ini manfaat bersepeda untuk pikiran, tubuh, dan kesehatan secara keseluruhan.

Pikiran

Orang sering mengabaikan fakta ini, tetapi apakah kamu pernah bertanya-tanya mengapa orang yang aktif secara fisik selalu tampak jauh lebih bahagia daripada mereka yang tidak?

Ini bukan hanya kebetulan, dan itu banyak hubungannya dengan proses kimia di dalam otak kita. Ketika kita bersepeda, jantung kita memompa darah ke setiap pembuluh darah dan sel dengan laju yang lebih tinggi.

Bersama darah datang juga oksigen, dan oksigen berperan dalam produksi endorfin yang membuat kita gembira.

Endorfin adalah senyawa kimia yang membantu kita merasa baik. Semakin banyak endorfin yang kita miliki, semakin bahagia perasaan kita. Hanya beberapa jam bersepeda dalam seminggu dapat memicu aliran endorfin ini secara konsisten.

Endorfin tidak hanya bagus untuk emosi kita, tapi juga dikaitkan dengan kemampuan memerangi penyakit seperti Alzheimer. Lain kali saat bersepeda, ingatlah bahwa kamu melakukan sesuatu yang baik untuk otak, dan bukan sekedar menikmati sepedaan.

Baca juga: Ingin Bersepeda? Ketahui Manfaatnya untuk Tubuh

Tubuh

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X