Kompas.com - 17/07/2020, 12:17 WIB
Ilustrasi pasien Covid-19, angka kasus Covid-19 Amerika Serikat. SHUTTERSTOCKIlustrasi pasien Covid-19, angka kasus Covid-19 Amerika Serikat.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Seperti kita ketahui, Covid-19 bisa memicu berbagai gejala.

Namun, berdasarkan analisis terbaru dari US Centers for Disease Control and Prevention (CDC), ditemukan sebagian besar pasien memiliki setidaknya satu dari tiga gejala, yaitu demam, batuk atau sesak napas.

Analisis yang diterbitkan pada hari Kamis (16/7/2020) dalam laporan CDC berjudul Morbidity and Mortality Weekly Report mencakup 164 orang dengan kasus Covid-19 yang dikonfirmasi laboratorium.

Semua pasien memiliki gejala, dan semuanya mengalami sakit pada 14 Januari hingga 4 April.

Karena Covid-19 adalah penyakit baru dan informasi gejala sangat terbatas, terutama di antara pasien yang belum dirawat di rumah sakit, CDC mengirimkan survei lebih lanjut kepada pasien yang diidentifikasi oleh petugas kesehatan setempat.

Para pasien diminta melaporkan berbagai gejala, termasuk gejala lain yang tidak dikenal secara luas.

Hampir seluruh pasien (96 persen) mengalami demam, batuk, atau sesak napas dan sekitar 45 persen mengalami ketiganya.

Batuk adalah gejala yang paling umum, di mana tim CDC dan pejabat kesehatan AS menemukan 84 persen pasien yang disurvei mengatakan mereka menderita batuk.

Demam menjadi gejala paling umum kedua, dengan 80 persen pasien melaporkan mereka mengalami demam.

Sesak napas lebih sering dikaitkan dengan orang yang dirawat di rumah sakit.

Halaman:


Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X