Sudah Amankah Berlibur ke Pantai di Tengah Pandemi?

Kompas.com - 18/07/2020, 08:29 WIB
Pariwisata laut di Babel dari ketinggian DOK. HUMAS PEMPROV BABEL / LEOPariwisata laut di Babel dari ketinggian

KOMPAS.com - Seiring dengan masa transisi menuju kenormalan baru, tempat-tempat publik dan tempat wisata mulai dibuka kembali dengan protokol keamanan yang ketat.

Salah satunya pantai. Tak sedikit masyarakat yang mulai merencanakan berwisata ke pantai.

Namun, sebelum mengeksekusi ide tersebut, agar wisata kita aman dan menyenangkan, cobalah pertimbangkan beberapa hal berikut.

1. Keamanan

Beraktivitas di luar ruangan, seperti pantai, sebetulnya tergolong rendah risiko penularan Covid-19, tentunya sepanjang protokol keamanan tetap diberlakukan.

Baca juga: 8 Alasan yang Bikin Kamu Ingin Segera Berlibur

Seperti rutin mencuci tangan, mengenakan masker, menjaga jarak, dan lainnya.

Meski lebih aman ketimbang aktivitas dalam ruangan, pantai biasanya akan ramai didatangi pengunjung.

"Jika tidak mengenakan masker di tempat ramai dan tidak memerhatikan protokol jaga jarak, risikonya tentu akan meningkat."

Begitu dikatakan Associate Professor of Epidemiology di Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health, Baltimore, Keri Althoff, Ph.D.

Salah satu cara untuk menjaga keamanan adalah memastikan terlebih dahulu kepadatan pengunjung dan risiko penularan di area yang akan dikunjungi tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Sumber Today
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X