Sendawa Bau, Kenapa dan Bagaimana Mengatasinya?

Kompas.com - 20/07/2020, 15:46 WIB
Ilustrasi sendawa shutterstockIlustrasi sendawa
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bersendawa saja terkadang sudah membuat kita malu, bila melakukannya di depan orang lain. Apalagi bila aromanya tidak enak. Bayangkan jika sedang berbincang dengan teman, kemudian sendawa bau keluar dari mulut.

Selain menimbulkan rasa tidak nyaman pada orang di sekitar, sendawa yang beraroma tidak enak ternyata bisa menandakan penyakit di dalam tubuh kita. Oleh karena itu, mengenal berbagai penyebab sendawa bau dan cara mengatasinya, bisa menyelamatkan kita dari rasa malu.

Sendawa adalah usaha tubuh dalam mengeluarkan gas yang menumpuk di saluran pencernaan. Saat bersendawa, gas yang ada di sistem pencernaan akan naik dan dikeluarkan dari tubuh lewat mulut.

Seharusnya, sendawa tidak memiliki bau. Sebab, gas yang dikeluarkan saat sendawa seperti oksigen ataupun karbon dioksida, memang tidak memiliki aroma.

Namun terkadang, oksigen maupun karbon dioksida yang dikeluarkan saat sendawa bisa “bertemu” dengan sulfur di sistem pencernaan. Itulah salah satu penyebab sendawa bau yang sering terjadi.

Baca juga: Cara Menghilangkan Sendawa agar Tak Terus Mengganggu

Selain itu, aroma sendawa juga bisa ditentukan oleh berbagai hal, seperti:

Makanan

Saat makanan dipecah di dalam mulut dan sistem pencernaan oleh bakteri, gas hidrogen sulfida bisa muncul. Hal ini dapat menyebabkan sendawa bau busuk.

Makanan penyebab sendawa bau di antaranya ialah yang berprotein tinggi ataupun minuman seperti bir.

Masalah pencernaan

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X