Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 30/11/2022, 04:31 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bersendawa saja terkadang sudah membuat kita malu, bila melakukannya di depan orang lain. Apalagi bila aromanya tidak enak. Bayangkan jika sedang berbincang dengan teman, kemudian sendawa bau keluar dari mulut.

Selain menimbulkan rasa tidak nyaman pada orang di sekitar, sendawa yang beraroma tidak enak ternyata bisa menandakan penyakit di dalam tubuh kita. Oleh karena itu, mengenal berbagai penyebab sendawa bau dan cara mengatasinya, bisa menyelamatkan kita dari rasa malu.

Sendawa adalah usaha tubuh dalam mengeluarkan gas yang menumpuk di saluran pencernaan. Saat bersendawa, gas yang ada di sistem pencernaan akan naik dan dikeluarkan dari tubuh lewat mulut.

Seharusnya, sendawa tidak memiliki bau. Sebab, gas yang dikeluarkan saat sendawa seperti oksigen ataupun karbon dioksida, memang tidak memiliki aroma.

Namun terkadang, oksigen maupun karbon dioksida yang dikeluarkan saat sendawa bisa “bertemu” dengan sulfur di sistem pencernaan. Itulah salah satu penyebab sendawa bau yang sering terjadi.

Baca juga: Cara Menghilangkan Sendawa agar Tak Terus Mengganggu

Selain itu, aroma sendawa juga bisa ditentukan oleh berbagai hal, seperti:

  • Makanan

Saat makanan dipecah di dalam mulut dan sistem pencernaan oleh bakteri, gas hidrogen sulfida bisa muncul. Hal ini dapat menyebabkan sendawa bau busuk.

Makanan penyebab sendawa bau di antaranya ialah yang berprotein tinggi ataupun minuman seperti bir.

  • Masalah pencernaan

Penyebab sendawa bau tidak hanya datang dari makanan yang disantap. Masalah pencernaan seperti irritable bowel syndrome (IBS) hingga penyakit reflux gastroesophageal (GERD) juga bisa menyebabkan sendawa bau.

Beberapa masalah pencernaan yang juga dikenal bisa menyebabkan sendawa bau ialah tukak lambung, gastritis (peradangan pada lapisan lambung), hingga infeksi Helicobacter pylori.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.