Studi: Tidak Semua Orang Butuh Tidur 8 Jam

Kompas.com - 10/08/2020, 19:23 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Kita mungkin sudah sering mendengar pentingnya tidur delapan jam setiap malam demi tubuh yang sehat. Namun, menurut penelitian sebenarnya durasi tidur itu tak berlaku untuk setiap orang.

Menurut rekomendasi Centers for Disease Control and Prevention (CDC), orang berusia antara 18-60 tahun perlu tidur selama tujuh jam atau lebih di malam hari.

"Kurang tidur dikaitkan dengan berbagai penyakit dan kondisi kronis seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, obesitas, dan depresi yang mengancam kesehatan kita," demikian keterangan CDC.

Sementara kurang tidur dapat menyebabkan kecelakaan berkendara dan kesalahan di tempat kerja, dan memicu cedera serta kecacatan setiap tahun.

Nyatanya, ada orang yang tidurnya kurang dari tujuh jam tetapi tetap bisa berfungsi normal. Ternyata ada penjelasan ilmiahnya.

Sebuah laporan terbaru dari majalah Time menyoroti studi profesor neurologi di University of California, San Francisco (UCSF) terkait genetika tidur dan ritme sirkadian yang bervariasi dari satu orang ke orang lain.

Baca juga: 4 Cara Mencegah Sulit Tidur di Malam Hari

Ritme sirkadian merupakan sistem internal tubuh atau bisa disebut jam biologis yang mengatur siklus tidur, suhu tubuh, pencernaan, kebiasaan makan, pelepasan hormon, serta fungsi penting tubuh lainnya.

Ritme sirkadian seseorang bisa berbeda satu sama lain. Ini menjelaskan mengapa sebagian orang bisa bangun awal di pagi hari, sementara sebagian lainnya lebih suka begadang atau baru merasa segar setelah tidur 8 jam.

Mutasi genetik

Profesor UCSF, Dr. Louis Ptacek dan rekannya Ying-Hui Fu adalah pelopor dalam genetika tidur. Sekitar 10 tahun yang lalu, Fu dan tim risetnya menemukan mutasi genetik langka yang terkait tidur pendek alami.

Halaman:


Sumber FOXNEWS
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X