Mengatasi Insomnia karena Stres Selama Pandemi

Kompas.com - 28/05/2020, 08:45 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com— Informasi yang begitu masif setiap hari tentang covid-19 membuat kita stres dan cemas. Pengaruhnya pada hidup beragam, namun yang paling terlihat adalah gangguan tidur.

Padahal, selama pandemi ini kita perlu meningkatkan kekebalan tubuh agar tak gampang tertular penyakit, salah satunya melalui tidur cukup.

"Kita tahu bahwa tidur berhubungan langsung dengan kekebalan dalam hal respons fisiologis dalam tubuh kita. Jika kita tidak tidur, sistem kekebalan tubuh berkurang dan dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh,” kata Brittany LeMonda, PhD, senior neuropsychologist di Lenox Hill Hospital di New York, AS seperti dikutip dari Healthline.

Perlu diketahui, kualitas tidur memainkan peran penting dalam kemampuan tubuh untuk membuat aman dari gangguan kesehatan.

Berikut beberapa tips yang dapat membantu menghilangkan stres yang mengganggu waktu tidur:

Baca juga: Tidur Menghadap Kipas Sebabkan Paru-paru Basah?

1. Pertahankan rutinitas teratur

Banyak orang mengalami kehidupan sehari-harinya terbalik sebagai akibat langsung dari pandemi ini. Beberapa kehilangan pekerjaan, ada yang harus menyesuaikan untuk bekerja dari rumah, belum lagi harus menjaga anak-anak yang tidak bersekolah karena pandemi.

Berkaitan dengan itu yang paling penting adalah menjaga rutinitas. Termasuk bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari.

“Ini sebenarnya adalah saat ketika kita perlu mengingat dan memperhatikan bagaimana kita menjalani hidup kita dengan cara yang sangat berbeda ini. Jadi, kita perlu menjaga kehidupan kita sedekat mungkin dengan rutinitas,” kata Navya Singh, PysD, seorang psikolog dan ilmuwan penelitian di departemen psikiatri Universitas Columbia.

Baca juga: Mengapa Anak Terus Menempel dan Bersikap Manja Selama Masa Karantina?

Ilustrasi deep sleep, tidur nyenyak, tidur.Shutterstock Ilustrasi deep sleep, tidur nyenyak, tidur.

2. Awas, tidur siang jangan berlebihan

Halaman:


Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X