Kompas.com - 15/08/2020, 19:16 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Ada kalanya kamu dan pasangan tidak bisa mencapai kata sepakat untuk topik tertentu. Misalnya menentukan siapa yang mengerjakan pekerjaan rumah, atau bagaimana cara mendidik anak dengan baik.

Jika sudah demikian, hal itu bisa menjadi jalan masalah dan akan menimbulkan konflik dalam hubungan kita.

Menurut terapis hubungan Esther Perel, kebuntuan hubungan bisa sulit dipecahkan karena pasangan keliru memahami akar masalahnya.

Hubungan yang menemui jalan buntu dipicu perasaan rentan

Perel mengatakan, penting bagi kita menyadari akar masalah sebenarnya.

Seringkali, perbedaan pendapat membuat pasangan merasa rentan, kata Perel, dan itu bisa menyebabkan mereka bersikap defensif sehingga nyaris tidak mungkin untuk menyelesaikan masalah.

"Saat hubungan dalam kondisi buntu, masa lalu pun bisa diungkit-ungkit, lalu persoalan menjadi makin runyam," kata Perel.

Dia memberikan contoh pasangan yang tidak setuju mengenai siapa yang mendapat tugas A dan tugas B, dan salah satu terus-menerus bertanya kepada pasangannya, "Mengapa saya melakukan tugas itu?"

"Ketika pasangan berdebat soal pekerjaan, entah mencuci piring, mencuci pakaian, apa pun itu, maka pembicaraan bisa melebar soal apa yang sudah kamu perbuat untukku dan memperdebatkan lagi siapa yang lebih berjasa," kata Perel.

Kebuntuan dalam hubungan ini bisa berasal dari perasaan tidak dihargai di masa kanak-kanak atau hubungan sebelumnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.