Kompas.com - 20/08/2020, 22:53 WIB
Ilustrasi Wajah BLACKDAYIlustrasi Wajah
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kamu mungkin pernah mendengarkan informasi bahwa sprema bermanfaat  untuk menghaluskan wajah.

Sperma bahkan diklaim dapat menyehatkan kulit wajah hingga menghilangkan jerawat. Sekilas, hal ini terdengar aneh tetapi apakah benar ada manfaat sperma buat kulit wajah?

Ada berbagai senyawa yang terkandung dalam sperma, yaitu kalsium, klorin, magnesium, zinc, sulfur, asam amino, protein, dan macam-macam vitamin dan mineral.

Beragam kandungan tersebut membuat beberapa orang menganggap air mani dapat digunakan untuk menyehatkan kulit wajah. Informasi ini yang kemudian mulai menyebar dari mulut ke mulut.

Selain itu, sperma juga diyakini mampu menghilangkan jerawat dan mencegah penuaan dini.

Sperma mengandung spermine yang bersifat antioksidan dan antiradang sehingga dipercaya mampu membasmi benjolan-benjolan jerawat yang mengganggu serta menghilangkan kerutan di wajah.

Namun kenyataannya, berbagai manfaat sperma buat kulit wajah tersebut tidaklah benar.

Hingga saat ini belum ada hasil riset ilmiah yang terbukti dapat mendukung manfaat sperma untuk wajah.

Sebaliknya, penggunaan sperma pada wajah justru dapat menimbulkan efek samping yang tidak menyenangkan.

Suatu hasil studi menyebutkan bahwa spermine berasal dari spermidine yang mampu memperlambat proses penuaan ketika disuntikkan ke dalam sel kulit.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X