Bisakah Menyembuhkan Jerawat dengan Es Batu?

Kompas.com - 26/08/2020, 10:29 WIB
Ilustrasi facial dengan es batu shutterstockIlustrasi facial dengan es batu
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Menumpuknya kotoran, minyak, dan bakteri pada folikel rambut menyebabkan munculnya jerawat.

Masalah kulit ini bisa mengganggu penampilan. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak orang melakukan berbagai upaya untuk menghilangkan jerawat, mulai dari beragam metode alami hingga perawatan ke dokter kulit.

Salah satu cara alami yang dipercaya dan kerap digunakan sebagian orang, yaitu dengan mengoleskan es batu pada kulit berjerawat.

Cara ini memang tampak sangat mudah untuk dilakukan, namun apakah manfaat es batu untuk jerawat benar-benar efektif?

Baca juga: Manfaat Kecantikan Pijatan Es Batu Pada Wajah

Manfaat es batu untuk jerawat

Manfaat es batu untuk jerawat dikaitkan dengan sifat antiperadangan yang dimilikinya. Es batu mampu mengurangi pembengkakan pada jerawat yang meradang sehingga bisa mengempeskan jerawat.

Secara teori, berkurangnya ukuran jerawat secara bertahap lama-kelamaan akan membuat masalah kulit ini menghilang sepenuhnya.

Mengompres jerawat dengan es memang dapat mendorong kotoran naik ke permukaan kulit.

Akan tetapi, kamu tidak boleh memencet jerawat dalam melakukan pengompresan ini. Sebab, memencet jerawat malah akan membuat kotoran yang naik menyebar dan bisa meninggalkan jaringan parut yang sulit dihilangkan.

Di sisi lain, es batu juga berpotensi mengurangi kemerahan yang membuat jerawat tidak terlalu tampak.

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X