Kompas.com - 27/08/2020, 15:00 WIB
Ilustrasi jamur shutterstockIlustrasi jamur
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Micin atau MSG (Monosodium glutamat) kerap dianggap menimbulkan efek buruk bagi kesehatan, meskipun hal ini masih menjadi perdebatan.

Namun banyak orang kemudian menghindarinya dan mencari penyedap rasa alternatif yang dianggap lebih sehat, salah satunya adalah kaldu jamur.

Kaldu jamur tengah menjadi pilihan banyak orang untuk menjadi bumbu penyedap rasa masakan karena dianggap lebih sehat jika dibandingkan dengan MSG.

Selain itu, cita rasa yang disajikan kaldu jamur juga dinilai tidak kalah nikmat dengan penyedap rasa pada umumnya.

Bukan hanya memberikan kenikmatan dari segi rasa, penggunaan kaldu jamur pada makanan ternyata juga menghadirkan beragam manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Kandungan nutrisi yang ada pada jamur

Kaldu jamur memiliki beragam nutrisi yang baik bagi tubuh. Apalagi, jamur sebagai bahan dasarnya merupakan makanan yang bebas lemak maupun kolesterol, serta rendah kalori dan sodium.

Baca juga: Cicipi, Ragam Olahan Jamur yang Konon Lebih Sehat

 

Beberapa kandungan nutrisi yang terdapat dalam jamur di antaranya:

Antioksidan

Jamur kaya akan antioksidan yang disebut selenium. Fungsi antioksidan ini membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X