Usia Terus Bertambah, Jaga Kesehatan Otot dengan Buah Delima

Kompas.com - 03/09/2020, 18:34 WIB
Ilustrasi Aleson/ShutterstockIlustrasi
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Di saat kita memasuki usia 30-an, kita akan mengalami penurunan fungsi otot.

Penurunan fungsi otot yang terjadi di tahap awal berada di antara 3-5 persen, menurut studi yang diterbitkan di jurnal PMC.

Studi itu mengungkap, di usia 30-40 tahun, penurunan fungsi otot akan terjadi lebih cepat.

Pada orang berusia lanjut, hilangnya kekuatan dan ukuran otot menyebabkan penurunan fungsi, dan risiko kematian lebih tinggi.

Penurunan fungsi otot juga membuat orang berusia lanjut rentan jatuh akibat terpeleset. Jatuh merupakan penyebab 646.000 kematian global, menurut data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 2018.

Atas dasar itulah, kita perlu menjaga kesehatan otot seiring bertambahnya usia.

Salah satu cara mudah menjaga kesehatan otot dan membuat kita lebih kuat, yakni dengan mengonsumsi buah delima.

Hal itu dikatakan Edwina Clark, ahli gizi dan penasihat nutrisi di Timeline Nutrition, yang belum lama ini mengadakan kelas nutrisi untuk membahas penurunan sel karena usia dan bagaimana memperkuat sel otot.

Clark menyebut pentingnya kesehatan otot dalam rutinitasnya. Ia juga mengatakan, buah delima bisa menjadi komponen utama untuk membuat otot lebih kuat.

Baca juga: Khasiat Buah Delima untuk Cegah Penuaan Dini

Buah delima bisa menjaga kesehatan otot

Halaman:


Sumber MSN
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X