Bahaya Junk Food yang Mengintai Kesehatan Kita

Kompas.com - 13/09/2020, 15:38 WIB
Ilustrasi memilih makan sayur atau junk food targovcomIlustrasi memilih makan sayur atau junk food
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Rasanya nikmat dan mudah didapat, menjadi daya tarik junk food sebagai santapan berbagai kesempatan.

Namun seperti namanya, junk food atau makanan sampah, ternyata minim kandungan gizi, bahkan bisa membahayakan kesehatan. Lalu, sebenarnya apa itu junk food? Apa bedanya dari fast food?

Mungkin Anda juga salah satu yang selama ini mengira bahwa junk food sama dengan fast food. Mari terlebih dahulu kenali junk food dan fast food.

Junk food biasanya tinggi lemak jenuh, serta gula dan sodium pada bumbu perisanya. Bagaimana dengan fast food?

Ahli gizi sekaligus co-founder salad bar Greenery, Katherin Tanujaya menjelaskan perbedaan junk food dan fast food. "Fast food adalah makanan yang disajikan dengan proses cepat, bukan berarti pasti tidak sehat," ujarnya.

Fast food memang biasanya dijual di restoran, dengan menu yang persiapannya mudah. Ada fast food yang tergolong makanan yang tidak sehat, karena mengandung lemak jenuh dan kolesterol dari proses menggoreng.

Namun, ada juga fast food yang merupakan makanan sehat. Katherin pun menyebut salad, sebagai contohnya.

Baca juga: Mengapa Junk Food Terasa Lezat di Lidah?

Apa saja yang termasuk junk food?

Junk food biasanya rasanya lezat karena memang mengandung banyak lemak, gula dan garam. Sehingga, makanan ini tinggi kalori tapi malah rendah kandungan nutrisi penting, seperti protein, serat, vitamin dan mineral.

Berikut ini makanan yang tidak asing bagi kita, namun bisa jadi tergolong junk food.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X