Mengapa Kita Dianjurkan Makan Pisang Saat Diare?

Kompas.com - 18/09/2020, 14:04 WIB
Ilustrasi makan pisang shutterstockIlustrasi makan pisang
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Diare adalah gangguan pencernaan yang membuat seseorang buang air besar lebih sering dari biasanya. Ketika kondisi ini terjadi, kita seringkali dianjurkan untuk makan pisang untuk mengatasinya.

Kenapa harus makan pisang saat diare?

Pisang termasuk dalam diet BRAT yang direkomendasikan untuk penderita diare. Diet BRAT adalah singkatan dari banana (pisang), rice (nasi), applesauce (saus apel, yakni apel yang dihaluskan), dan toast (roti panggang).

Pola makan BRAT adalah konsumsi jenis makanan yang memiliki serat padat tetapi mudah dicerna oleh organ pencernaan sehingga dapat membantu membuat feses menjadi lebih padat.

Sumber kalori utama dalam pola makan BRAT berasal dari roti dan nasi yang merupakan karbohidrat sederhana, namun mudah dicerna dan dapat membantu menghasilkan energi.

Sedangkan, buah apel dan pisang bermanfaat untuk mengatasi diare. Pisang dipilih karena dapat mengembalikan mineral tubuh, terutama kalium, yang hilang.

Baca juga: Manfaat Pisang Jauh Lebih Manis dari Rasanya

Sebuah hasil penelitian menemukan bahwa bayi di atas usia 6 bulan yang mengalami diare menunjukkan kondisi membaik sekitar 24 jam setelah diberikan pisang mentah.

Kemudian, pada hari kelima, hampir semua bayi yang diberi pisang mentah sudah benar-benar pulih.

Sementara, mereka yang berada dalam kelompok kontrol, yang tidak diberikan pisang mentah, terus menderita diare hingga 10 hari.

Adapun beberapa manfaat pisang untuk diare selengkapnya adalah sebagai berikut:

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X