Kaum Dewasa Muda Rentan Depresi saat Pandemi, Ini Cara Mengatasinya

Kompas.com - 06/10/2020, 20:03 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Kalangan dewasa muda ternyata menjadi populasi yang gampang mengalami depresi selama terjadinya pandemi Covid-19.

Sebuah penelitian di Amerika Serikat  menunjukkan, ada sebanyak 74,9 persen orang berusia antara 18-24 tahun yang mengalami gangguan kesehatan mental terkait pandemi.

Bahkan, 1:4 orang dewasa muda mengaku mempunyai keinginan serius untuk bunuh diri, karena krisis kesehatan dunia yang tak kunjung berakhir.

Baca juga: Kecemasan dan Depresi Orangtua Ganggu Mental Anak, Cara Mengatasinya?

“Pandemi ini menciptakan rasa takut dan kecemasan bagi semua orang."

"Hal itu adalah sesuatu yang belum pernah kita alami dan sudah lebih dari setengah tahun kita masih hidup dengan rasa ketidakpastian."

Begitu kata Chief Clinical Officer Newport Institute, dr. Barbara Nosal.

Nosal menduga, dalam jangka pendek -mungkin, banyak orang masih bisa mengatur segalanya.

Namun, seiring berjalannya waktu, tekanan finansial dan kurangnya interaksi sosial membuat orang dewasa muda merasa tidak mampu lagi mencapai sesuatu dalam hidup mereka.

Penting untuk diketahui, tanda-tanda seperti apa yang dapat timbul saat kita sedang mengalami depresi.

Beberapa di antaranya seperti perubahan pola tidur, berkurangnya nafsu makan, ingin selalu menyendiri, merasakan sakit kepala, sakit punggung, dan masalah pencernaan.

Baca juga: Kunyit, Bahan Alami Atasi Depresi, Benarkah?

Halaman:


Sumber People
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X