Bahaya Konsumsi Makanan dan Minuman Manis pada Anak Sebelum Tidur

Kompas.com - 12/10/2020, 21:05 WIB
Ilustrasi anak makan ShutterstockIlustrasi anak makan

KOMPAS.com— Anak-anak seperti tak bisa jauh dari makanan manis pada kesehariannya. Terkadang orangtua bahkan tak bisa melarang si kecil untuk berhenti mengonsumsi makanan kecil favoritnya.

Walau begitu, jangan biasakan memberi si kecil makanan kecil yang mengandung gula tinggi, terutama di malam hari.

Menurut Dr. Julie Wei dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan untuk anak-anak, salah satu penyakit yang bisa menyerang anak karena kebiasaan ini adalah penyakit susu dan biskuit (Milk and Cookies Disease/MCD).

Penyakit susu dan biskuit merupakan suatu kondisi yang disebabkan oleh kombinasi pola makan yang tidak sehat dengan kebiasaan makan yang tidak tepat waktu. Contohnya minum jus buah, susu, camilan manis, atau es krim, tepat sebelum tidur.

Baca juga: Jangan Terlalu Sering Minum Es Teh Manis, Ini Alasannya

MCD memang bukanlah penyakit yang diakui secara resmi dalam buku teks kedokteran, namun menurut Wei, penyakit ini sudah meluas dan dialami oleh anak-anak yang yang menerapkan pola makan tidak sehat saat malam.

Kondisi ini akan menyebabkan batuk, pilek, radang tenggorokan, kelelahan dan sembelit pada anak, yang kebanyakan sering disalahartikan sebagai infeksi atau alergi.

IlustrasiShutterstock Ilustrasi

Kandungan gula yang ditambahkan dalam makanan dan minuman akan membuat perut penuh dengan kandungan yang sangat asam.

Saat anak-anak tidur, kandungan asam lambung dan makanan yang dicerna sebagian dapat kembali ke saluran kerongkongan dan bahkan naik ke tenggorokan atau refluks.

Beda gejala refluks

Untuk anak-anak, gejala refluks asam berbeda-beda. Mereka tidak mengalami mulas atau nyeri perut seperti orang dewasa.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X