Kompas.com - 24/10/2020, 11:52 WIB
Ilustrasi anak-anak. PexelsIlustrasi anak-anak.

KOMPAS.com – Kondisi pandemi bukan hanya mengganggu kesehatan mental orang dewasa, tapi juga anak-anak. Perasaan bosan, cemas, khawatir, dan emosi negatif lainnya turut dirasakan oleh anak.

Selama berada di rumah saja, anak sering kali dipenuhi pertanyaan kapan bisa bermain di luar rumah, kapan bisa masuk sekolah, kapan bisa bertemu dengan teman, dan lain sebagainya.

Belum lagi jika orangtua di rumah sulit mengendalikan emosi sehingga mudah marah ke anak. Hal ini bisa membuat kesehatan mental anak semakin terganggu.

Oleh karenanya, penting bagi orangtua untuk memastikan anak memiliki perasaan yang nyaman agar kesehatan mentalnya terjaga. Salah satu caranya mengajarkan konsep mindfulness.

Mindfulness berarti lebih sadar dengan keadaan saat ini dan sekitar. Dalam kondisi penuh kesadaran pada momen saat ini, kita tidak akan khawatir berlebihan pada kondisi yang belum terjadi di masa depan atau dihantui kegelisahan mengingat masa yang sudah lewat.

Baca juga: Tanpa Marah, Lakukan Ini untuk Mengendalikan Emosi Anak

Dengan begitu seseorang termasuk anak bisa lebih tenang dalam menghadapi situasi dan mengendalikan emosi. Pada akhirnya mindfulness berkaitan dengan kebahagiaan anak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Mindfull itu susah dan anak harus latihan juga dalam keadaan sekarang ini,” ujar psikolog Saskhya Aulia Prima dalam suatu acara virtual baru-baru ini.

Namun, ditambahkan olehnya, mengajarkan anak untuk mindfulness bukan berarti anak harus diajak meditasi seperti yang banyak dilakukan orang dewasa.

Sebab bukan hal mudah bagi anak-anak untuk berdiam diri dalam waktu tertentu.

Orangtua bisa mengajarkan konsep mindfulness dengan mengeksplor semua indra. Ajak anak untuk sadar dengan yang dilihat, didengar, dirasakan, dan sebagainya.

Baca juga: Waspadai, Efek Candu Pujian dari Orangtua bagi Perkembangan Anak

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X