7 Masalah Kesehatan yang Mengintai Jika Kurang Minum

Kompas.com - 30/10/2020, 10:45 WIB
Ilustrasi minum air putih ThinkstockphotosIlustrasi minum air putih

KOMPAS.com - Minum air dalam jumlah yang cukup sangat penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh karena air dibutuhkan untuk hampir semua fungsi dalam tubuh.

Menurut ahli gizi teregistrasi, Maya Feller, RD, banyak orang yang tanpa disadari mengalami dehidrasi ringan, hampir sepanjang waktu.

Terkadang, mereka bahkan tidak tahu mengapa itu bisa terjadi.

"Namun, ingatlah bahwa tubuh kehilangan air secara teratur, saat kita bernapas, saat berkeringat, saat mencerna makanan, ran itu semua tanpa kita menyadarinya," kata Feller, seperti dilansir Well + Good.

Ketika tubuh kekurangan air, ada beberapa konsekuensi yang terlihat jelas. Tidak hanya mengganggu, kondisi tersebut juga bisa melumpuhkan.

Beberapa dampak yang terjadi pada tubuh ketika kita kurang minum, antara lain:

1. Sakit kepala
Kepala sering kali menjadi bagian pertama pada tubuh kita, atau setidaknya, yang memberi tanda paling jelas yang menandakan bahwa tubuh kekurangan air.

Ketika kurang minum, kita bisa merasakan sakit kepala dalam bentuk nyeri ringan, hingga parah.

"Pembuluh darah di sekitar otak sangat sensitif, jadi jika kita tidak minum cukup air, pembuluh darah dapat bereaksi terhadap perubahan volume darah, dan itu dapat meningkatkan kemungkinan sakit kepala," ungkap ahli gizi sekaligus profesor dari UCLA Fielding School of Public Health, Dana Hunnes, RD, PhD.

2. Sembelit
Tidak adanya cukup air yang mengalir melalui sistem pencernaan dapat bermanifestasi sebagai sembelit.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X