Kompas.com - 04/11/2020, 15:22 WIB
Ilustrasi tidur. ShutterstockIlustrasi tidur.

KOMPAS.com - Menjaga kesehatan jantung bisa dilakukan dengan banyak cara, terutama dengan konsumsi makanan sehat dan olahraga rutin. Tapi, satu yang tidak boleh kita lupakan adalah mempunyai waktu tidur yang ideal atau teratur.

Berbagai studi menyebut, seseorang dengan gangguan tidur kronis seperti insomnia dan sleep apnea memiliki harapan hidup lebih pendek dibandingkan mereka yang secara konsisten tidur nyenyak.

Ahli bedah jantung, A. Marc Gillinov, MD, menjelaskan manfaat di balik waktu tidur yang ideal.

"Tidur nyenyak selama tujuh atau delapan jam per malam merupakan penanda kesehatan jantung yang baik," sebut dia.

"Bagaimana tidur memengaruhi arteri koroner masih dipelajari, tetapi kami tahu kurang tidur dikaitkan dengan faktor risiko penyakit jantung."

Baca juga: Kaitan Antara Ukuran Lidah Gemuk dan Sleep Apnea

Waktu tidur yang dibutuhkan

Bagi sebagian besar orang dewasa, tidur antara tujuh dan delapan jam setiap malam adalah jumlah tidur optimal. Namun, durasi tidur tersebut agak sulit dipenuhi.

Studi dari National Sleep Foundation menemukan 35 persen orang Amerika melaporkan kualitas tidur mereka "buruk" atau "biasa saja."

Lalu, sekitar 63 persen orang Amerika mengatakan mereka kurang tidur selama seminggu, dengan waktu rata-rata enam jam dan 55 menit per malam.

"Hargai kebutuhan tubuh Anda untuk tidur, dengan target tujuh hingga delapan jam per malam," ucap Gillinov.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X