Kompas.com - 13/11/2020, 10:44 WIB
Ilustrasi duduk sakit pinggang spukkatoIlustrasi duduk sakit pinggang

KOMPAS.com - Duduk sebentar bisa menjadi istirahat yang baik jika kita memiliki gaya hidup aktif. Namun, duduk sepanjang hari seperti yang kita lakukan selama ini dapat memengaruhi banyak aspek kesehatan.

Durasi waktu duduk yang meningkat sebelumnya sudah dialami banyak orang, bahkan sebelum pandemi Covid-19. Selain kebanyakan orang saat ini bekerja di balik layar komputer, kegiatan kita untuk mencari hiburan juga dilakukan lewat layar gadget atau TV sambil duduk.

Jadi, apa yang sebenarnya bisa terjadi pada tubuh ketika kita hanya duduk di depan komputer atau bermalas-malasan di sofa sepanjang hari?

Di bawah ini adalah 10 hal yang mungkin dialami tubuh jika kita tidak beranjak dari tempat duduk atau sofa sepanjang hari.

1. Menambah berat badan

Jika kita duduk sepanjang hari, maka kita tidak membakar kalori sebanyak saat sedang bergerak. Tentunya hal ini bisa menambah berat badan.

Oleh karena itu, jika kita duduk sepanjang hari, mungkin tanpa disadari berat badan akan bertambah, terutama jika kita tidak mempraktikkan kebiasaan diet yang sehat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Usir Rasa Mager di Pagi Hari dengan 3 Cara ini

2. Nyeri punggung atau bahu

Jika kita memiliki postur tubuh yang buruk, duduk sepanjang hari bisa mengakibatkan nyeri punggung atau bahu.

Membungkuk di atas layar komputer atau bersandar dalam posisi yang canggung sepanjang hari dapat membuat tubuh terasa pegal dan tidak nyaman.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.