Cara Mudah Agar Rumah Terbebas dari Kecoa

Kompas.com - 24/11/2020, 12:09 WIB
Ilustrasi kecoa shutterstockIlustrasi kecoa
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Rumah merupakan tempat tinggal yang wajib dijaga kebersihannya. Jika rumah dalam keadaan kotor, maka kita mengundang "tamu" tak diinginkan untuk masuk.

Dari sekian banyak hewan atau hama, kecoa menempati daftar teratas dalam hewan yang paling tidak diinginkan untuk masuk ke dalam rumah.

Nah, serpihan debu dan kotoran di meja dan lantai, area rumah yang gelap dan tidak dibersihkan, atau air yang menetes di suatu tempat, dapat menjadi sarang kecoa.

Serangga ini bisa menyebarkan kuman saat mereka makan melalui sampah dan sisa makanan, dan hinggap di atas meja dapur serta peralatan makan.

Kecoa juga diketahui dapat menyebabkan alergi yang memicu asma bagi sebagian orang.

Ada beberapa jenis kecoa yang suka menyatroni rumah kita. Contohnya kecoa Jerman, yang panjangnya sekitar 1,2 cm dan berwarna coklat dengan dua garis lebih gelap di belakang kepalanya.

Jenis kecoa lainnya adalah kecoa Amerika, yang memiliki panjang hingga 5 cm dan berwarna coklat kemerahan dengan bercak kuning di belakang kepala.

Kedua jenis ini serangga memiliki sayap. Kecoa Amerika bisa terbang pendek, tetapi kecoa Jerman jarang terbang.

Sementara itu, kecoa Asia biasanya ditemukan di daerah lebih hangat, ukuran dan warnanya mirip kecoa Jerman, tetapi mereka bisa terbang.

Baca juga: 6 Bahaya yang Bisa Ditimbulkan Kecoa terhadap Kesehatan

Tentunya kita tak ingin serangga ini mengotori rumah bukan? Karena itu, jaga rumah agar terbebas dari kecoa lewat tips di bawah ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber BHG
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X