6 Bahaya yang Bisa Ditimbulkan Kecoa terhadap Kesehatan

Kompas.com - 17/04/2020, 10:30 WIB
Ilustrasi kecoa shutterstockIlustrasi kecoa
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kehadiran kecoa di rumah seringkali mengganggu sebagian orang yang mengalaminya. Selain menjijikkan, kecoa ternyata bisa mengancam kesehatan penghuni rumah, lho.

Serangga kecil berwarna cokelat ini bisa menghasilkan alergen sehingga memicu reaksi alergi, bahkan asma. Simak bahaya kecoa untuk kesehatan manusia selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Kecoa adalah salah satu jenis serangga yang memiliki 6 kaki, 2 antena panjang, dan 2 pasang sayap. Tergantung pada jenisnya, kecoa dewasa biasanya memiliki panjang hingga 3 sentimeter.

Kecoa betina dapat mengeluarkan 10-40 telur pada satu waktu. Rata-rata, sang betina melepaskan 30 telur selama hidupnya. Kecoa muda yang menetas akan terlihat sama dengan kecoa dewasa, tetapi ukurannya lebih kecil dan tidak memiliki sayap.

 

Sesuai jenis dan kondisinya, kecoa dapat hidup hingga 12 bulan. Hewan serangga ini tergolong berdarah dingin dan berkembang dalam kondisi hangat dan lembap.

Kecoa lebih memilih untuk tinggal di dapur dan tempat penyimpanan makanan lainnya. Tak heran jika mereka mendapat asupan makanan dari tumpahan makanan dan akses air. Beberapa tempat persembunyian kecoa di dalam rumah, yaitu:

  • Retakan dinding
  • Ruang sempit dan terbatas, seperti dapur, di balik kulkas, atau di bawah tumpukan majalah, koran, dan kardus
  • Perabotan rumah yang umumnya jarang disentuh
  • Lemari dapur
  • Toilet
  • Bawah wastafel
  • Area pemanas air
  • Saluran air atau selokan

Bahaya kecoa untuk kesehatan manusia

Ilustrasi kecoashutterstock Ilustrasi kecoa
Tidak hanya mengganggu dan menjijikkan, kehadiran kecoa ternyata dapat mengancam kesehatan penghuni rumah.

Baca juga: Nasi Cepat Basi, Rupanya Banyak Bangkai Cicak dan Kecoa di Rice Cooker

 

Ya, kecoa memang tidak dapat menyebabkan penyakit secara langsung, tetapi mereka adalah pembawa jutaan bakteri dan agen infeksi yang bisa menyebabkan berbagai penyakit.

Terlebih serangga ini makan berbagai makanan, termasuk sampah busuk, yang diyakini dapat menyebarkan bakteri penyebab penyakit pada manusia, seperti salmonella, staphylococcus, dan streptococcus. Berikut adalah bahaya kecoa untuk kesehatan manusia:

1. Keracunan makanan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X