Kompas.com - Diperbarui 12/07/2022, 07:22 WIB

KOMPAS.com - Bagi pasangan, ciuman adalah salah satu cara untuk mengungkapkan rasa sayang sekaligus menguatkan hubungan.

Namun, pada beberapa kondisi, berciuman ternyata bisa memberikan manfaat yang sama seperti berolahraga, lho. Apa sebabnya?

Dilansir Mind Body Green, menurut laporan studi ilmiah tentang berciuman atau filenatologi tahun 2013, ciuman santai dapat membakar 2-3 kalori per menit.

Laporan itu ditulis oleh ahli jantung dari Amerika, Joseph S. Alpert, MD dan dipublikasikan melalui American Journal of Medicine.

Sebagai perbandingan, jumlah kalori tersebut tidak jauh dari kalori yang dibakar ketika duduk diam di sofa, yakni sekitar 1,3 kalori per menit.

Namun, ciuman yang lebih intens apalagi jika berlanjut ke hubungan seks, bisa membakar lebih banyak kalori.

Berapa banyak kalori yang akan terbakar ketika berciumn tergantung pada berbagai faktor, seperti durasi berciuman, apakah seseorang duduk atau berdiri saat berciuman, apakah melibatkan tangan ketika berciumn, jenis ciuman, usia, berat badan, dan lainnya.

Tidak ada satu cara universal untuk berciuman, jadi hampir tidak mungkin untuk menentukan jumlah pasti kalori yang terbakar saat berciuman.

Namun, jika pertanyaan ini muncul di pikiran Anda, penjelasan berikut mungkin dapat menjawab rasa penasaran tersebut.

1. Ciuman santai

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.