Kompas.com - 09/12/2020, 15:20 WIB
Shoes Art Installation di Komisi Nasional Perempuan, Jakarta the body shopShoes Art Installation di Komisi Nasional Perempuan, Jakarta
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Pada tahun 2018, seniman asal Turki, Vahit Tuna, menciptakan sebuah karya seni instalasi menggunakan 440 pasang sepatu hak tinggi dan dipamerkan di sebuah jalan di Istanbul.

Melalui karya seninya, Vahit Tuna berusaha mengungkapkan bahwa kekerasan rumah tangga dan seksual di Turki pada tahun 2018 telah merenggut 440 nyawa wanita.

Vahit Tuna berharap, instalasi yang dibuatnya dapat menyadarkan setiap warga negara Turki untuk mulai memikirkan dampak akibat melakukan kekerasan terhadap perempuan.

Menurut dia, kasus meninggalnya 440 wanita di Turki bukan hanya soal pembunuhan, melainkan adanya diskriminasi terhadap mayoritas perempuan Turki untuk tetap bungkam dan tanpa daya dalam menyuarakan haknya.

Namun, diskriminasi dan kekerasan seksual terhadap perempuan bukan hanya terjadi di Turki, melainkan juga di tempat lain, termasuk Indonesia.

Berdasarkan data Komisi Nasional Perempuan, kekerasan terhadap perempuan di Indonesia di tahun 2019 mencapai 431.471 kasus, atau naik 8 kali lipat dalam 12 tahun terakhir.

Kekerasan seksual terhadap anak perempuan naik 65 persen pada tahun 2019 dibanding dengan tahun sebelumnya. Dengan kondisi pandemik sejak awal tahun 2020, kasus kekerasan terhadap perempuan justru dikhawatirkan akan semakin meningkat.

Nah, terinspirasi dengan apa yang dilakukan Vahit Tuna, The Body Shop Indonesia bersama para pendukung dan penyintas juga menggelar Shoes Art Installation di Komisi Nasional Perempuan, Jakarta.

Instalasi ini merupakan bagian dari Kampanye Semua Peduli, Semua Terlindungi yang bertujuan mendesak pemerintah agar segera mengesahkan Rancangan Undang Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS) agar dijadikan Undang-Undang yang Sah.

Shoes Art Installation yang ditata Dian Ina Mahendra sebagai Art Director itu menggunakan media lebih dari 500 pasang sepatu sebagai simbol dukungan untuk kampanye Stop Sexual Violence.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X