Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Alasan Anak Tidak Mau Mendengarkan Kita dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 17/12/2020, 12:03 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Moms.com

KOMPAS.com - Sebagai orangtua, kita tentu pernah melewati momen dimana kita meminta anak melakukan sesuatu, namun mereka tidak menurut dan menolak untuk mematuhinya.

Kadang-kadang anak-anak menolak untuk mendengarkan ketika diberi perintah oleh orang tua.

Ini bisa membuat kita frustasi dan bahkan bisa membuat kita emosi sehingga berperilaku buruk terhadap anak, seperti membentak atau berbicara dengan nada tinggi.

Sebenarnya, ada beberapa alasan yang mudah dipahami terkait mengapa anak tidak mendengarkan instruksi kita.

Selain itu, beberapa tips juga bisa dicoba untuk mengatasi hal ini. Berikut alasan mengapa anak tak mau mendengarkan orangtua dan cara mengatasinya.

1. Kita terlalu banyak memberi perintah atau instruksi

Sebagai orangtua, kita tentu ingin memberikan yang terbaik bagi anak. Namun, jika kita terlalu banyak memberi perintah, peringatan atau instruksi, anak bisa saja menganggap kita sedang tidak serius.

Karena, jika terlalu sering, peringatan itu hanya akan dianggap seperti angin lalu di telinga si kecil. Mereka sudah mendengarnya, mereka tahu, tapi mereka tidak menurut, dan terus melakukannya.

Untuk itu, ada baiknya memberikan dua peringatan sebelum mereka menghadapi sebuah konsekuensi, seperti dengan menghitung 1, 2, 3.

Kebanyakan anak akan menurut karena tahu, bahwa di peringatan ketiga mereka akan menghadapi masalah. Entah itu hukuman atau konsekuensi lainnya.

Bila kamu ingin anak benar-benar memperhatikan apa yang kamu katakan, kurangi jumlah peringatan yang diberikan dan mereka akan menanggapi kata-katamu dengan lebih serius.

2. Konsekuensi yang tidak dijalankan

Berbicara tentang konsekuensi, jika kita tidak menerapkan ancaman konsekuensi ke tindakan yang sebenarnya, hal ini tidak akan ada artinya bagi si kecil.

Misalnya kita mengancam akan melarang anak bermain game jika mereka tidak mau belajar. Namun ternyara hukuman tersebut tidak diterapkan walau mereka tidak belajar.

Akibatnya mereka akan terus melakukan hal yang dilarang, karena tahu tidak ada konsekuensi atau akibat yang ditimbulkan.

Halaman:
Sumber Moms.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com