Kompas.com - 17/12/2020, 12:03 WIB
Ilustrasi anak bermain gadget techcrunch.comIlustrasi anak bermain gadget

KOMPAS.com - Sebagai orangtua, kita tentu pernah melewati momen dimana kita meminta anak melakukan sesuatu, namun mereka tidak menurut dan menolak untuk mematuhinya.

Kadang-kadang anak-anak menolak untuk mendengarkan ketika diberi perintah oleh orang tua.

Ini bisa membuat kita frustasi dan bahkan bisa membuat kita emosi sehingga berperilaku buruk terhadap anak, seperti membentak atau berbicara dengan nada tinggi.

Sebenarnya, ada beberapa alasan yang mudah dipahami terkait mengapa anak tidak mendengarkan instruksi kita.

Selain itu, beberapa tips juga bisa dicoba untuk mengatasi hal ini. Berikut alasan mengapa anak tak mau mendengarkan orangtua dan cara mengatasinya.

1. Kita terlalu banyak memberi perintah atau instruksi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai orangtua, kita tentu ingin memberikan yang terbaik bagi anak. Namun, jika kita terlalu banyak memberi perintah, peringatan atau instruksi, anak bisa saja menganggap kita sedang tidak serius.

Karena, jika terlalu sering, peringatan itu hanya akan dianggap seperti angin lalu di telinga si kecil. Mereka sudah mendengarnya, mereka tahu, tapi mereka tidak menurut, dan terus melakukannya.

Untuk itu, ada baiknya memberikan dua peringatan sebelum mereka menghadapi sebuah konsekuensi, seperti dengan menghitung 1, 2, 3.

Kebanyakan anak akan menurut karena tahu, bahwa di peringatan ketiga mereka akan menghadapi masalah. Entah itu hukuman atau konsekuensi lainnya.

Halaman:


Sumber Moms.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.