Serba Serbi Pilea, Tanaman Cantik yang Cocok untuk Dekorasi

Kompas.com - 20/12/2020, 15:54 WIB
Pilea Peperomioides. Patrycja Nowak/SHUTTERSTOCKPilea Peperomioides.

KOMPAS.com - Di tengah kegemaran akan tanaman hias yang terus bertambah, Pilea Peperomioides menjadi salah satunya.

Kecantikan sederhana dari daun tanaman yang juga disebut Chinese money plant atau pancake plant itu membuatnya begitu cocok untuk menjadi bagian dari dekorasi rumah.

Menurut Green Fresh Florals + Plants, tanaman dengan daun berbentuk menyerupai koin tersebut dikenal dapat membawa keberuntungan dan kelimpahan bagi pemiliknya.

Lebih lanjut, The Spruce menyebutkan bahwa pilea adalah salah satu tanaman yang disebut dapat membawa energi positif ke rumah, berdasarkan feng shui.

"Ketika tanaman-tanaman mungilnya bermunculan, pastikan untuk membagikannya pada orang-orang. Bersikap murah hati dan berbagi apa yang Anda miliki adalah faktor penting dalam menyambut lebih banyak kemakmuran," demikian tulis situs tersebut.

Nah, jika Anda berminat memiliki pilea di rumah atau baru saja membelinya, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memelihara tanaman ini:

Pot
Menurut kolektor tanaman sekaligus blogger tanaman, Alan Chan melalui Gardening Know How, ketika pilea tiba di rumah setelah dibeli, biasanya tanaman tersebut masih ditempatkan dalam pot plastik kecil.

Hindari langsung memindahkan potnya.

Alan sendiri membiarkan pilea tersebut berada dalam potnya selama sekitar 1-2 minggu untuk beradaptasi dengan lingkungan rumah.

"Langsung memindahkannya ke pot lain akan membuat tanaman stres," kata dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X